uArm Swift Robot

Jika mendengar kata lengan robot pasti yang terlintas adalah peralatan berat yang berada di pabrik besar. Startup teknologi yang bermarkas di Shenzhen, Ufactory merilis lengan robot yang khusus digunakan untuk pengguna rumahan.

Informasi di halaman perilisan produknya, Ufactory menjelaskan bahwa lengan robot terbarunya ini dapat mengakses empat sudut secara bebas.

Namun yang terpenting, lengan robot bernama uArm tersebut diklaim sangat mudah diprogram untuk melakukan hal apapun yang ingin kamu kreasikan.

uArm Swift Robot
Jadi lawan untuk main catur

Di ujung lengan terdapat semacam holder untuk ditambahkan beberapa modul seperti kamera, kipas kecil, lampu RGB, laser, elektromagnet, sensor temperatur dan sebagainya. Kamu dapat memodifikasi fungsinya menggunakan modul yang tersedia.

uArm Swift Robot
Sistem pemograman paling sederhana yakni dengan blockly

Cara memprogram uArm bisa dengan perintah bahasa pemograman yang juga disediakan softwarenya. Tenang saja, kamu tidak akan dihadapkan pada istilah rumit karena metodenya didasarkan pada blockly.

Tersedia juga fitur untuk mengulangi gerakan yang telah dicontohkan pemiliknya. Ufactory mengklaim tingkat presisi hingga 0.2 milimeter.

[irp]

Atau dengan memanfaatkan sensor gerakan, dengan demikian uArm dapat mengikuti gerakan tangan kamu secara detil.

uArm Swift Robot
Sanggup mengikuti kemampuan menggambar yang telah kamu ajarkan

Sementara itu kontrol uArm dapat dilakukan dengan smartphone menggunakan aplikasi uArm Play yang terhubung ke perangkat menggunakan Bluetooth.

Satu unit uArm Swift ditawarkan $209 sedangkan versi Pro $449. Penawaran ini cukup menarik mengingat produk sejenis di pasaran bisa mencapai ribuan USD.

uArm Swift Robot
Lengan robot open-source ini dapat kamu miliki dengan harga yang lebih rendah

Jika sesuai rencana, uArm Swift dan uArm Swift Pro akan diproduksi pada Februari kemudian dikirim ke pemesan awal pada April mendatang.

Nah, jika kamu termasuk pecinta robotik maka lengan robot yang satu ini patut kamu coba untuk dikreasikan.

Sumber: uArm via Indiegogo