Printer 3D Mooz
Printer 3D Mooz lebih ringkas, modular, dan memiliki presisi tinggi

Sekelompok tim asal Korea Selatan menciptakan printer 3D modular yang diklaim memiliki tingkat presisi setara pemakaian level industri. Dijuluki Mooz, tim mengenalkan setidaknya tiga unit printer 3D dengan fungsi utama yang berbeda. Masing-masing dinamai Mooz 1, Mooz 2, dan Mooz 3.

Ketiga printer tersebut memiliki fokus yang berbeda-beda. Misalnya Mooz 1 adalah versi printer 3D dasar dan Mooz 2 merupakan peningkatan dari versi pertama dimana tingkat presisi sangat tinggi, yakni 0,02 milimeter. Sementara Mooz 3 memiliki kelebihan untuk mencetak lebih dari satu warna objek dalam sekali pengerjaan.

Printer 3D Mooz 1 2 3
Perbedaan tiga varian Mooz

Pihak pengembang menawarkan hardware tambahan berupa CNC Carving dan Laser Engraving untuk mengukir bentuk atau tulisan pada sebuah objek. Menurut tim, printer 3D Mooz 1 dan Mooz 2 bisa mengukir pada kayu, gabus lembaran (cork), hingga makanan.

Aplikasi Laser Engraving sebelumnya juga sudah diadopsi oleh printer 3D Glowforge. Hanya saja Mooz lebih disederhanakan dan kemampuannya terbatas.

Mooz mendukung format data dari sejumlah program, seperti Cura, Slic3r, dan Printrun. Data dimasukkan ke dalam flashdisk kemudian dihubungkan dengan printer 3D. Setelah itu kamu bisa mengontrolnya secara nirkabel melalui smartphone. Status pencetakan juga dapat dilihat melalui aplikasi khusus.

Hasil Printer 3D Mooz - Lebih Murah, Printer 3D Mooz Juga Bisa untuk Mengukir
Printer 3D ini sudah mulai dikirimkan sejak November

Saat ini Mooz sedang mengadakan crowdfunding di Kickstarter sambil menawarkan produknya dengan harga miring. Misalnya Mooz 1 dijual mulai Rp 2,5 juta, Mooz 2 seharga Rp 3,2 juta, dan Mooz 3 di angka Rp 3,9 juta. Namun perlu dicatat bahwa harga tersebut adalah untuk paket dasar.

Video penggunaan Mooz: