Byton Electric SUV
Punya teknologi modern, Byton percaya diri bisa lawan Tesla

Apakah kamu tengah menabung untuk segera memiliki mobil elektrik Tesla? Pada akhirnya kamu akan membeli mobil impianmu atau mungkin beralih ke brand lain yang lebih menggoda. Sebut saja Lightyear One, Lucid Air, dan Elextra yang sama-sama merancang mobil elektrik dengan fitur apik.

Kini pada CES 2018, perusahaan otomotif baru yang berbasis di Nanjing, China mengenalkan konsep SUV elektrik Byton. Tidak seperti Tesla yang selalu mengedepankan performa sebagai jargon utama, mobil ini menawarkan lebih banyak fitur digital yang modern.

Byton Dashboard
Dasbor dengan layar terlampau lebar

Dari segi interior, terdapat sepasang kursi depan bersifat rotatable menghadap ke belakang. Selain itu layar sentuh ekstra lebar berdimensi 125 x 25 cm menampilkan segala parameter mobil ke hadapan pengemudi. Perusahaan turut menambahkan tablet pada roda kemudi untuk memudahkan mengakses fitur saat sedang mengemudi.

Di beberapa titik pada mobil disematkan sejumlah kamera yang akan mendukung kemampuan mengemudi otonom. Selain itu kamera pada pintu berperan sebagai autentikasi pengenal wajah.

Fitur canggih lainnya adalah kecerdasan buatan yang semakin memahami pengemudi secara personal seiring penggunaan. Termasuk sensor health tracking memastikan atmosfer internal sesuai dengan kebutuhan penumpang.

Byton Car
Sama seperti Tesla, bagian atap mengadopsi kaca besar

Soal jarak tempuh, Byton menyediakan model dasar dan varian yang lebih tinggi. Model dasar menjangkau sekitar 400 km sekali pengisian, sedangkan versi tertingginya mencapai 520 km. Perusahaan juga mengklaim teknologi pengisian yang mereka kembangkan dapat mengisi baterai 80% selama setengah jam.

Sejauh ini Byton masih sebatas konsep dan prototipe yang terus dikembangkan. Rencananya perusahaan akan menyelesaikan pembangunan pabrik produksi di China dan memulai proses manufaktur pada 2019.

Menurut pengeumumannya, SUV super canggih Byton model dasar dibanderol $45 ribu atau Rp 642 juta. Sementara versi yang lebih tinggi kemungkinan adalah optional upgrade.

Berikut video presentasi fitur-fitur Byton: