Kolos Data Center
Tidak perlu menambah biaya untuk instalasi sistem pendingin serta biaya operasionalnya

Data center atau pusat data menjadi wadah untuk menyimpan file dalam jumlah besar dari perusahaan yang menjadi bagian di dalamnya, bahkan pengguna internet dari seluruh dunia. Pengoperasiannya menghasilkan panas yang tentu saja dapat merusak perangkat keras.

Kutub utara, iklim yang dingin mampu meredam panas sehingga tidak perlu mengeluarkan energi besar untuk sistem pendingin. Perusahaan bernama Kolos akan membangun fasilitas data center di kota Ballangen, Norwegia yang berada di lingkar Arktik.

Kolos mengatakan data center yang akan dibangunnya hanya menggunakan energi dari sumber terbarukan, secara spesifik tenaga angin dan air yang dapat dipanen dari lokasi sekitar. Penggunaan energi terbarukan juga mengurangi anggaran hingga 60%. Dibutuhkan setidaknya daya 1.000 MW yang merupakan terbesar di dunia.

Kolos Data Center
Data center dibangun dengan desain yang menyatu dengan alam

Di sekitar fasilitas terdapat parit alami yang menjadikannya “benteng” aman sehingga tidak bisa dimasuki pihak tanpa izin. Kolos juga memastikan pembangunan akan memperhatikan aspek lingkungan serta budaya setempat. Diperkirakan proyek ini akan menyerap 2000 hingga 3000 tenaga kerja sekitar.

Video aerial lokasi dimana data center akan dibangun: