iPhone X OLED
Hasil pengujian menunjukkan layar OLED pada iPhone X lebih unggul dari milik Samsung

Apple akhirnya beralih dari teknologi layar LCD yang selama ini mereka gunakan ke OLED yang disematkan pada iPhone X. Layar ini bukanlah milik Apple, melainkan dikembangkan oleh Samsung. Artinya perusahaan yang didirikan Steve Jobs ini harus membayar untuk setiap keping layar yang dipakai.

Samsung mengizinkan Apple untuk mengkonfigurasi layar OLED mereka sendiri sesuai kebutuhan. Menariknya, menurut Tom’s Guide, iPhone X justru lebih unggul dibanding Samsung Galaxy Note 8 yang juga menggunakan layar OLED.

Dari uji tingkat kecerahan tiga ponsel, antara lain iPhone X, Galaxy Note 8, dan Pixel 2 XL menunjukkan iPhone X berada di level 574 nits. Sementara Pixel 2 XL mencapai 438 nits dan Galaxy Note 8 justru di posisi terbawah dengan raihan 408 nits. Diketahui tingkat kecerahan sangat krusial bagi layar OLED karena secara teknis lebih redup ketimbang LCD.

Pengujian lain adalah akurasi warna dimana ketiga smartphone mendapat skor yang kurang lebih mirip namun iPhone X sekali lagi mendapat predikat lebih baik. Di sisi lain Note 8 dikatakan agak berlebihan dan kurang realistis.

Efek perubahan warna menjadi biru ketika dilihat dari sudut lain bisa direduksi oleh iPhone X

Jika dilihat dari sudut yang lebih rendah, layar OLED cenderung agak membiru. Hal ini terjadi pada Note 8 dan Pixel 2 XL, namun efek yang muncul pada iPhone X tidak begitu kentara. Terlepas dari itu iPhone X masih kalah soal kepadatan piksel per inci yang hanya 438 ppi sedangkan Note 8 521 ppi dan Pixel 2 XL 538 ppi.

Namun Apple tetap layak disebut berhasil mengembangkan layar OLED yang sesuai dengan standarnya.