Beberapa waktu lalu, publik sosial media sedang dikejutkan oleh sebuah video yang menampilkan bagaimana seseorang menggunakan sebuah alat yang bentuknya mirip senjata yang bisa menghilangkan karat pada logam.

Diklaim, alat ini menghilangkan karat dengan sinar laser yang disemburkan pada permukaan logam yang berkarat.
Untuk kamu yang frustasi karena barang-barang logam kamu terkikis oleh karat, sepertinya laser penghilang karat ini menjadi harapan.

Alat canggih penghilang karat ini bernama CL-1000

Laser Penghilang Karat Kini Bukan Impian Lagi
Perusahaan bernama CleanLaser yang berbasis di Jerman adalah dalang dibalik hadirnya CL-1000, mesin 1000 watt yang sanggup membersihkan karat hanya dengan paparan sinar laser.
Prinsip kerjanya, CL-1000 memproduksi semburan laser mikro-plasma, bersamaan dengan panas, dan gelombang listrik untuk menghaluskan karat, memisahkannya dari logam yang tidak berkarat.
Uniknya, ia hadir bersamaan dengan tabung penghisap sehingga karat yang berhasil terlepas otomatis akan dihisap masuk ke dalam tabung. Nantinya hanya akan terlihat logam yang bersih, hebat bukan?
Tidak perlu media tambahan, tidak menggunakan air, dan tanpa bahan kimia, alat ini diklaim lebih ramah lingkungan karena murni menggunakan tenaga listrik.

Sebenarnya bukan cuma menghilangkan karat saja

Laser Penghilang Karat Kini Bukan Impian Lagi
Menurut situs resminya, CL-1000 menawarkan berbagai kemampuan dan aplikasi dalam lingkup yang luas, bukan hanya menghilangkan lapisan karat saja.
Aplikasi seperti penghapusan cat, membersihkan permukaan logam, menghilangkan perekat, mengelas logam, hingga dekontaminasi nuklir bisa dilakukannya.

Berkat teknologi canggih dan kemampuannya yang menakjubkan, CL-1000 tidak bisa dengan mudah untuk dimiliki

Laser Penghilang Karat Kini Bukan Impian Lagi

 

Satu yang pasti, alat seperti ini tidak bisa begitu saja kamu miliki dengan membelinya di supermarket atau toko yang menjualnya.
Produk ini tidak ditujukan untuk kepentingan rumah tangga atau mekanik kecil, tetapi untuk industri besar (high-end).
Untuk versi yang paling rendah saja, yakni CL-20 dibanderol kisaran harga $80.000 sedangkan yang tertinggi, yakni CL-1000 adalah $480.000.
Silahkan kamu hitung sendiri berapa puluh/ratus juta yang harus harus dikeluarkan untuk membelinya. Maka itu tidak heran jika pihak produsen hanya merujuk pada kepentingan industri.

Referensi: Adapt Laser, CleanLaser, Machine Design