Tesla Model X
Tesla Model X, satu-satunya SUV yang dimiliki Tesla (credit: Electrek)

Kepuasan konsumen adalah tolak ukur keberhasilan perusahaan dalam merancang produknya. Produsen otomotif Tesla yang kini tengah naik daun dilaporkan memiliki tingkat kepuasan konsumen (customer satisfaction) tertinggi, mengalahkan brand lain yang sudah lebih dulu merajai jalanan.

Laporan tersebut dirilis oleh Consumer Reports beberapa hari yang lalu. Pihaknya mensurvey ribuan pemilik mobil dari puluhan brand berbeda. Penilaian dibagi menjadi enam kategori, antara lain, pengalaman mengemudi, kenyamanan, harga, penampilan, kualitas audio, dan sistem pengaturan udara.

Pihaknya menyebut hanya mengambil data dari pemilik kendaraan yang setidaknya sudah tiga tahun. Hasilnya Tesla menempati urutan pertama, dibawahnya ada Porsche, Genesis, Chrysler, dan Audi.

Tingkat Kepuasan Konsumen Tesla
Daftar selengkapnya bisa dilihat di tautan ini

CEO Porsche sebelumnya sempat mengakui konsumennya mulai tertarik dengan Tesla. Dari segi teknologi, pabrikan asal Jerman tersebut kalah jauh dari pendatang barunya yang baru merilis mobil pada 2008.

Tesla mendapat rating 90, disusul Porsche 85, dan Genesis 81. Idealnya, tiga peringkat teratas sudah memberikan pengalaman terbaik bagi kustomernya. Laporan ini akan menjadi refleksi bagi perusahaan otomotif untuk meningkatkan kembali kualitas produknya.