Falcon 9
Roket Falcon 9 milik SpaceX sudah lakukan peluncuran ke-50

Kesuksesan besar SpaceX tergambar dari peluncuran Falcon Heavy pada 6 Februari kemarin yang menjadi perhatian dunia. Namun roket terkuat itu tidak akan terwujud tanpa eksistensi Falcon 9, sebuah roket setinggi 70 meter milik SpaceX yang meluncur pertama kali pada 2010 lalu.

Misi yang dilakukan pada Selasa, 6 Maret kemarin menandai peluncuran ke-50 Falcon 9. Satelit yang dibawa merupakan milik operator telekomunikasi asal Spanyol. Elon Musk dalam cuitannya di Twitter mengatakan bahwa ini muatan paling berat yang pernah digunakan roket.

“Penerbangan Falcon 9 ke-50 malam ini, membawa Hispasat untuk Spanyol. Seberat 6 ton kubik dan hampir setara ukuran bus kota, ini akan menjadi satelit geostasioner terbesar yang pernah kami terbangkan.” tulis Musk.

Satelit tersebut nantinya akan mengorbit tetap di atas daerah Eropa, sembar memperluas layanan jaringan hingga Mediterania, Amerika, dan Afrika. Hispasat dipesan dari perusahaan pembuat satelit Space System Loral (SSL) dan dirancang untuk beroperasi selama 15 tahun.

SpaceX Hispasat
Foto long-exposure Falcon 9 dalam misi Hispasat 30W-6

Sementara dari segi kendaraan peluncur, Falcon 9 cukup kuat untuk membawa muatan seberat 8,3 ton ke orbit geostasioner atau 36.000 km dari permukaan Bumi.

SpaceX tentu sangat bangga dengan peluncuran ke-50 ini yang berhasil dilakukan kurang dari 8 tahun. Peluncuran Falcon 9 perdana dilakukan 4 Juni 2010 sebagai demonstrasi pengiriman muatan ke International Space Station (ISS).

Kemudian SpaceX sempat vakum tanpa adanya peluncuran pada 2011 ketika pihaknya sedang fokus menyulap sistem Falcon 9 agar bisa digunakan ulang usai peluncuran. Kegagalan SpaceX terjadi pada 2015 dan 2016 pada misi suplai rutin ke ISS dan satelit Facebook.

Namun di tahun-tahun berikutnya Falcon 9 menjadi buah bibir penggemar astronomi setelah belasan kali berhasil mendaratkan roket setelah dari angkasa. Pada 2017, SpaceX memecahkan rekor dengan 18 kali peluncuran dalam satu tahun yang mana belum pernah terjadi sebelumnya.

SpaceX kini sedang fokus meningkatkan kapasitasnya hingga satu peluncuran setiap dua minggu. Perusahaan antariksa yang berdiri sejak 2002 ini juga sedang fokus mengembangkan roket raksasa Big Falcon Rocket yang nantinya menjadi transportasi manusia ke Mars dalam dekade mendatang.

Peluncuran Hispasat dapat kamu lihat berikut ini: