Dahulu, kita mengenal teknologi hologram sebagai alat canggih yang hanya ada di film-film fiksi ilmiah. Hologram mampu memancarkan sinyal visual dalam model 3 dimensi sehingga orang-orang bisa melihatnya dari berbagai sudut pandang.
Namun kini teknologi hologram mulai menemui titik terang, setidaknya pada pertengahan 2015 lalu mulai beredar sebuah produk elektronik yang mampu memvisualisasikan 3 dimensi ala hologram.
Holus, perangkat ini menggabungkan teknik proyeksi 3D. Empat tampilan gambar diproyeksikan melalui kaca berbentuk prisma dalam kotak Holus. Tidak peduli dari sudut manapun ia dilihat, objek akan memiliki bentuk 3 dimensi.
Interactive Tabletop Holographic Display Pertama di Dunia
Kotak "Ajaib" Ini Mampu Tampilkan Hologram 3D
HplusTech selaku penemu Holus menyatakan bahwa perangkat ini berbeda dengan metode hologram yang telah muncul sebelumnya yaitu dengan menempatkan sebuah prisma di atas layar smartphone sehingga membentuk ilusi 3D.
Mereka mengklaim bahwa setiap konten digital dapat langsung dimasukan ke dalam Holus. Ia juga menerima input data dari smartphone, tablet, dan komputer.
Tidak hanya itu, kamu berkesempatan untuk berinteraksi dengan konten hologram melalui perangkat sensor seperti Kinect, Leap Motion, Emotiv, gamepad, electroencephalography headset, atau jenis lainnya yang mendukung pelacakan gestur.
Demi memperkaya fungsinya, Holus ditanamkan sejumlah fitur seperti musik, asisten virtual, perpustakaan karakter hologram, port USB, slot tablet, WiFi, dan Bluetooth.

3D Lebih Seru

Kotak "Ajaib" Ini Mampu Tampilkan Hologram 3D
Holus tidak ditujukan hanya sebagai hiasan modern saja, namun banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan melalui tampilan hologram.
Memainkan game dengan konsep hologram menjadi sesuatu yang baru. Pemainnya bisa berinteraksi dengan objek hologram dari sudut yang berbeda.
Dengan konektivitas ke smartphone, maka kamu bisa menikmati holografis saat melakukan video call. Untuk para desainer, Holus mampu mengeksplorasi objek desain secara mendetil.
Kotak "Ajaib" Ini Mampu Tampilkan Hologram 3D
Hal yang menarik dari Holus adalah kemampuan interaksi. Contohnya dengan memakai Emotiv, kamu dapat dengan mudah mengendalikan objek menggunakan pikiran.
HplusTech telah membuka akses bagi siapa saja yang ingin memesan Holus. Terdapat versi Home dan versi Pro dimana keduanya memiliki fitur yang sedikit berbeda. Tentu saja pada versi Pro ($799) harganya lebih tinggi dibanding Home ($699).
Rencananya, Holus akan dikirimkan bagi pembelinya pada April 2016. Apabila kamu menginginkannya, kunjungi situs Hplustech untuk membeli Holus.