Mark Zuckerberg Facebook
Zuck berharap penggunanya menggunakan Facebook untuk interaksi yang bermanfaat (credi: Brian Solis)

Facebook mendapatkan uang dari iklan yang dilihat pengguna sesekali di News Feed. Semakin lama kamu membuka Facebook, semakin banyak pula iklan yang muncul yang artinya semakin banyaklah pendapatan perusahaan. Dengan lebih dari 1,4 miliar pengguna, tidak butuh waktu lama untuk memboyong Mark Zuckerberg sebagai salah satu orang terkaya di dunia saat usianya yang masih kepala tiga.

Namun, CEO Facebook tersebut mengumumkan bahwa ia justru telah menerapkan sistem yang membuat pengguna tidak lagi terlalu lama aktif di jejaring sosial tersebut. Hal ini diumumkan bersamaan dengan algoritma baru yang membuat News Feed lebih bermanfaat bagi pengguna dan bersih dari berita hoax serta ujaran kebencian.

Zuckerberg mengatakan pengguna Facebook saat ini secara keseluruhan menghabiskan waktu 50 juta jam lebih sedikit dibanding sebelumnya. Ia pun menyebut ini sebagai pencapaian yang signifikan.

“Pada kuartal terakhir, kami membuat perubahan dengan menampilkan lebih sedikit video viral supaya orang-orang menghabiskan waktunya lebih baik. Secara total, kami telah mereduksi waktu pemakaian di Facebook sekitar 50 juta jam setiap hari.” kata Zuck dalam kirimannya.

Sebagai gantinya, Facebook lebih mengutamakan kiriman orang-orang terdekat demi “hubungan yang bermakna”.

“Dengan lebih berfokus pada hubungan yang bermakna, komunitas dan bisnis kami akan lebih kuat dalam jangka panjang.” lanjut Zuck.

Selain itu Facebook mengumumkan jumlah pengguna aktif harian untuk Kanada dan Amerika Serikat turun sebanyak 700.000 pengguna. Namun, tren ini sepertinya tidak terlalu mengganggu keuangan Facebook sendiri. Bahkan investor dan penyedia iklan sepertinya tidak begitu bermasalah.

Saham Facebook usai pengumuman tersebut terpantau masih cukup aman dengan peningkatan sebesar 1,4 persen.

Facebook akan tetap menggunakan algoritma News Feed yang baru demi mengembalikan fungsinya sebagai jaringan pertemanan yang memudahkan individu saling berinteraksi di dunia maya.

Bagaimana dengan kamu sendiri, apakah sudah merasakan News Feed Facebook yang baru?