Lamborghini Terzo Millennio
Material sefl-healing berpotensi digunakan pada salah satu mobil sport elektrik Lamborghini

Produsen mobil mewah asal Italia, Lamborghini memamerkan konsep kendaraan super terbarunya di Massachusetts Institute of Technology (MIT) beberapa waktu lalu. Terzo Millennio, begitulah nama yang disematkan pada mobil sport elektrik ini. Desainnya sangat rendah, jarak bodi dengan tanah mungkin hanya sekitar 2 cm.

Perusahaan sangat yakin bahwa mobil di masa depan akan meninggalkan mesin berbahan bakar fosil. Namun untuk Terzo Millennio, sumber energi bukan dari baterai konvensional, melainkan superkapasitor yang kini juga sedang dikembangkan oleh MIT.

Lamborghini Terzo Millennio
Lamborghini menginginkan bobot mobil tetap minimal, itulah sebabnya baterai konvensional bukan pilihan utama

Lamborghini mengatakan mobil ini akan membawa “perubahan radikal” yang tidak diusung mobil listrik yang beredar saat ini. Material bodi menggunakan bahan karbon fiber yang ringan dan kuat, bahkan pihaknya sedang mencari cara menyimpan energi listrik di dalam bodi.

Selain itu Lamborghini juga meneliti material self-healing dimana kendaraan nantinya dapat mendeteksi retakan lalu secara otomatis memperbaiki kerusakan itu sendiri. Diketahui material ini sudah ditemukan, hanya perlu penyempurnaan agar siap diaplikasikan.

Terzo Millennio tetap akan menawarkan ciri khas Lamborghini, beserta sensasi mengemudi responsif berkat empat motor elektrik. Mobil akan tersedia di masa depan, namun tidak disebutkan tahun rilis pastinya.

Berikut video pengumuman Terzo Millennio di MIT: