Untuk memiliki sebuah perangkat komputer bahkan dengan spesifikasi paling rendah sekalipun, kamu harus mengeluarkan uang beberapa juta rupiah untuk mendapatkannya.
Bahkan dengan sistem yang sangat rendah tersebut, kamu hanya sekedar bisa memainkan game ringan, browsing, atau aktivitas pengetikan.
Nah, sebuah proyek komputer Raspberry Pi sejak lama mendedikasikan diri untuk menerbitkan perangkat komputer dengan harga murah. Tidak perlu biaya besar, kamu yang masih pelajar juga bisa mendapatkannya hanya dengan menabung beberapa minggu.
Beberapa produk Raspberry Pi rata-rata dijual dengan kisaran harga Rp 200 – Rp 400 ribuan tergantung model yang dipilih. Namun yang paling mengejutkan ialah versi Raspberry Pi Zero.

 

Raspberry Pi Zero
Komputer super mini dengan harga super murah.

 

Fakta menarik yang mungkin membuat kamu tercengang adalah harganya yang luar biasa rendah. Ia menempati posisi paling bawah soal harga, yakni hanya $5 atau Rp 60 ribuan.
Uniknya, komputer mini ini berbentuk papan PCB dengan ukuran tidak lebih dari kartu kredit. Terdapat sejumlah slot untuk dipasangkan ke Raspberry Pi Zero. Ia juga mendukung HDMI dengan output video 1080p 60 fps.
Untuk lebih jelasnya, berikut spesifikasi lengkap Raspberry Pi Zero:

 

Spesifikasi Raspberry Pi Zero
Processor Broadcom BCM 2835 1.0 GHz
512MB LPDDR2 RAM
MicroSD slot
Socket HDMI 1080p 60 fps video output
USB port for data and power
40-pin GPIO header
IP67 water-resistant
Size 65mm x 30mm x 5mm
Price: $5 (Rp 60 ribuan)

 

Raspberry Pi Zero telah diperkuat oleh sistem operasi bawaan yang sudah menyediakan sejumlah program seperti office, browser, dan game. Kamu juga bisa menyematkan sistem operasi lain yang tersedia di situs Raspberry Pi.

 

Minecraft Pi
Salah satu game yang ada dalam Raspberry Pi Zero.

 

Dibalik harganya yang amat murah, Raspberry Pi memungkinkan penggunanya untuk mengatur sistem dengan fleksibel. Apalagi dukungan forum dijamin akan membantu kamu saat menggunakan Raspberry Pi Zero.
Kamu yang tertarik dengan Raspberry Pi Zero, bisa membelinya di halaman resmi yang telah tersedia. Perlu diingat, produk ini jumlahnya dibatasi satu produk untuk satu orang.

Berikut video demonstrasi Raspberry Pi Zero oleh Darren Lock: