Google Lunar XPrize
Lunar XPrize berencana melanjutkan kompetisi meski tanpa sponsor dari Google

Google Lunar XPrize adalah kompetisi yang dibuka bagi kelompok kecil untuk mendaratkan sebuah wahana di Bulan. Namun sejak dibuka pada 2007, tidak ada yang berhasil mengirim rover buatannya ke satelit Bumi tersebut, meski sudah berkali-kali diundur. Akhirnya Lunar XPrize resmi ditutup tanpa pemenang pada Februari lalu.

Namun tak sampai dua bulan, sebuah rilis pers terbaru membuka peluang bahwa kompetisi ini akan kembali hidup. Pihaknya mengatakan saat ini setidaknya sudah ada 5 tim yang sudah punya kontrak peluncuran dalam 2 tahun ke depan.

Format kompetisi akan berbeda dari sebelumnya, bersamaan dengan Google yang tidak lagi menjadi sponsor utama perlombaan tersebut. Sekarang, Lunar XPrize tengah mencari sponsor baru yang berminat mendanai hadiah bagi para peserta.

“Selama dekade terakhir tim Google Lunar XPrize telah mendapat lebih dari $300 juta melalui sponsor, pemerintah, dan modal usaha,” kata Chanda Gonzales-Mowrer, direktur XPrize.

“Saya yakin bahwa salah satu dari peserta ini akan mendarat di Bulan dalam waktu dekat dan saya sangat bersemangat dengan perlombaan luar angkasa dalam fase berikutnya.” lanjut Gonzales.

Mayoritas tim Lunar XPrize pun mengatakan pihaknya siap mengikuti kompetisi lagi meskipun tanpa ganjaran hadiah. Sebab amat disayangkan apabila usaha selama satu dekade lebih harus terhenti karena masalah waktu.

“Kami mengapresiasi keputusan XPrize untuk melanjutkan Lunar XPrize, dengan atau hadiah sponsor,” kata Bob Richards, CEO dan Founder Moon Express.

Saat ini Lunar XPrize masih membuka kesempatan bagi perusahaan manapun yang berminat menjadi sponsor. Sekalipun tidak ada, kompetisi tetap akan dilanjutkan namun belum diumumkan tanggal pembukaannya kembali.