Konsep kendaraan hyperloop memang diajukan oleh Elon Musk meski dirinya sendiri tidak ikut dalam pengembangan kendaraan super cepat tersebut, namun perusahaan yang ia dirikan, SpaceX turut serta dalam penyelenggaraan kompetisi hyperloop.

Hyperloop Pod Competition diadakan di markas besar SpaceX di California yang mengikutsertakan 27 tim setelah proses penyaringan yang sebelumnya mencapai 115 tim.

Elon Musk Hyperloop
Elon Musk sedang menduduki salah satu pod

Untuk pelaksanaannya, SpaceX telah membangun jalur hyperloop sepanjang 1.6 kilometer. Masing-masing tim membawa prototipe kendaraan (pod) buataannya untuk diadu berdasarkan kriteria yang ditentukan.

MIT Hyperloop
MIT merancang hyperloop dengan sistem keamanan terbaik

Setelah berbagai pengujian dan penilaian, Massachusetts Institute of Technology memperoleh juara ketiga dengan penghargaan keamanan dan daya tahan terbaik.

Sementara itu posisi kedua diraih oleh Technical University of Munich dengan WARR Hyperloop yang dirancangnya. Pod yang dibuat oleh 40 mahasiswanya sukses menyabet gelar sebagai yang tercepat.

WARR Hyperloop
Mesin jet sengaja digunakan sebab mereka sadar jalur hyperloop tidak sepenuhnya vakum

Namun posisi pertama tetap menjadi hak milik Delft University berkat desain dan skor tertinggi yang diraihnya.

Delft University Hyperloop
Delft University menjadi juara pertama di kompetisi stage pertama

Kompetisi yang berlangsung pada 27-29 Januari tersebut akan menjalani stage kedua pada musim panas. Selanjutnya SpaceX akan fokus pada performa kecepatan. Musk tetap membuka kesempatan bagi tim sebelumnya untuk memperbaiki diri di kompetisi kedua.

Seperti diketahui konsep hyperloop nantinya bakal sanggup berjalan dengan kecepatan 1.200 kilometer per jam. Namun untuk saat ini pengembangan masih terus berjalan.

Berikut video perbandingan kecepatan beberapa prototipe pod hyperloop: