Computex menjadi tempat terbaik bagi perusahaan yang bergerak di bidang teknologi untuk memperagakan kreasi terbarunya yang menarik untuk dicoba. Salah satu demo yang menarik adalah simulator penerbangan buatan Somniacs, Birdly.
Birdly adalah sebuah simulator yang menjadikan diri kamu sebagai seekor burung yang terbang di atas kota Manhattan.

Kota ini memang benar-benar ada, tetapi apa yang hadir dalam Birdly hanyalah rekonstruksi ulang dalam format tiga dimensi. Meski begitu, penampilannya cukup mirip dengan aslinya.

Birdly dilengkapi dengan teknologi VR dari HTC Vive yang menciptakan atmosfer visual yang lebih realistis.

Pengguna yang ingin mencobanya harus dalam posisi telentang dengan kedua tangan yang memegang kontrol sebagai sayap. Setiap gerakannya akan mempengaruhi penerbangan.

Modul simulator ini sendiri bisa bergerak selaras dengan apa yang dilihat oleh pemakainya. Ketika sedang dalam posisi bermanuver, ia akan memiringkan tubuh pemakainya dengan lembut. Ditambah lagi, Birdly juga memiliki kipas angin yang memberikan efek terbang yang seolah nyata.

Kolaborasi Birdly dan HTC Vive Bisa 'Terbangkan' Kamu Seperti Burung
Birdly dengan Oculus Rift pada Sundance Film Festival 2015 (credit: engadget.com)
Computex 2016 bukanlah ajang dimana Birdly pertama kalinya diperkenalkan. Pada Sundance Film Festival 2015, ia juga tampil dengan perangkat VR yang berbeda, Oculus Rift.
Kali ini Somniacs sengaja mengganti VR Birdly dari Oculus Rift ke HTC Vive karena kualitas dan performanya yang lebih mumpuni.
Sementara itu, beberapa orang yang sempat menjajal Birdly mengaku puas dan sangat terkesan berkat pengalaman “penerbangan” yang ditawarkan Birdly.
Sejauh ini, pihak Somniacs baru memberikan sedikit clue terkait harga Birdly yang rencananya sedikit lebih tinggi dari biaya mobil, namun mereka fokus pada penurunan harga. Jadi, kamu yang tertarik untuk memilikinya diharapkan untuk menabung dari sekarang 🙂
Sumber: Engadget