Google flight
Sebelum delay diumumkan, Google punya algoritma khusus yang bisa mengetahuinya sejak awal (credit: Tripit)

Datang lebih awal sebelum keberangkatan namun akhirnya mendapat pengumuman bahwa penerbangan akan diundur selama beberapa jam. Pengalaman tidak menyenangkan ini hampir pasti pernah dirasakan oleh penumpang pesawat yang sering bepergian dengan moda transportasi ini.

Maskapai tentu tidak ingin penumpangnya tidak nyaman, tetapi faktor eksternal seperti cuaca tidak bisa dihindari. Berita baiknya, Google memahami masalah ini dan telah menemukan solusinya.

Dijuluki Google Flights, fitur baru ini merupakan layanan pencarian tiket penerbangan yang sederhana. Menariknya, aplikasi ini tidak hanya menginformasikan alasan penundaan penerbangan, tetapi juga memprediksinya.

Google Flight
Tampialn Google Flights versi mobile (credit: Google)

Google menyertakan algoritma machine learning untuk mempelajari riwayat delay yang telah ada. Dari data tersebut dapat diprediksi potensi penundaan hingga pembatalan. Menurut tim perancang Google Flights, hasil prediksinya mencapai tingkat akurasi 80 persen.

Cukup memasukkan nomor penerbangan pada kolom pencarian, maka statusnya bisa langsung dilihat. Google akan memberi tahu berapa lama durasi penundaan. Tetapi perlu dicatat bahwa durasi itu tidak sepenuhnya akurat, sebab pihak maskapai bisa saja menyelesaikan masalah lebih cepat dari perkiraan.

Google Flights bisa diakses langsung dari mesin pencari atau melalui halaman khusus flights.google.com.