KIA Niro EV
Jajaran mobil elektrik kelas menengah siap gempur pasar (credit: KIA)

Manufaktur mobil KIA mengumumkan ambisisnya bergabung dalam pasar mobil elektrik. Melalui CES 2018 lalu, perusahaan asal Korea Selatan ini memamerkan konsep Niro EV yang didasari pada mobil Niro berjenis hybrid yang sudah ada, hanya saja menggunakan baterai sebagai sumber energi penggeraknya.

Sebelumnya pihak perusahaan telah merilis sejumlah foto render siluet mobil yang menggambarkan bentuk fisiknya secara kilas. Karena menggunakan listrik, maka ada satu komponen paling jelas yang hilang, yakni grill pada bumper.

Sebagai gantinya, KIA menyematkan layar LED interaktif yang akan membantu pengguna jalan lain, khususnya pejalan kaki. Mobil compact SUV ini bakal dilengkapi interior canggih nan modern. Bagian dalamnya cukup minimalis, sementara dasbor disematkan layar sentuh untuk mengontrol sejumlah fitur mobil.

KIA Niro EV Concept
Siluet Niro EV yang dirilis beberapa hari sebelum pengumumannya (credit: KIA)

Bicara soal jarak tempuh bagi mobil listrik memang sangat penting. KIA sendiri mengatakan akan membenamkan baterai 64kWh yang akan memberdayakan mesin berdaya 150kW.

Niro EV ditargetkan dapat melaju hingga 383 km dalam sekali pengisian. Angka tersebut sedikit lebih tinggi dari Tesla Model 3 yang saat ini sedang mengejar keterlambatan produksi pada akhir tahun lalu.

Selain itu KIA juga sedang mengembangkan teknologi kemudi otonom level 4 yang rencananya akan melakukan pengujian pada 2021. Rencana selanjutnya, perusahaan ingin merilis 16 model kendaraan ramah lingkungan, termasuk elektrik, hybrid, dan hidrogen di 2025.

Untuk melihat KIA Niro EV lebih lengkap, cek video berikut: