Robomart
Robomart menjajakan buah dan sayuran segar yang bisa dipesan melalui aplikasi smartphone

Teknologi mobil otonom tampak seperti bom waktu yang siap meledak dalam waktu dekat. Aplikasinya pun tidak sebatas pada sektor transportasi, tetapi juga ekspansif hingga dunia bisnis, khususnya perdagangan.

Dipamerkan pada CES 2018 lalu, Robomart adalah sebuah mobil tanpa sopir yang menjajakan bahan pangan segar, seperti buah, sayuran, dan daging pada kabin besar yang ditutupi pintu kaca transparan.

Beberapa perusahaan supermarket menawarkan opsi pengiriman barang sebagai bentuk strategi untuk bertahan dari gempuran toko online. Namun, menurut pengembang Robomart hal demikian tidaklah cukup. Sekitar 60 persen barang paling laris adalah produk makanan, sementara komoditi tersebut mayoritas tidak melayani pesan antar.

Dalam sistem yang ditawarkan Robomart, kamu bisa memesan bahan makanan yang diinginkan melalui aplikasi ponsel. Nantinya mobil akan datang menghampiri sambil membukakan pintu. Kamu bisa langsung memilih bahan makanan yang diinginkan lalu pergi, sementara pembayaran dapat dilakukan nanti.

Mobil bertampang futuristik ini dilengkapi otak komputer untuk self-driving dari Nvidia dengan otonomi level 5. Algoritma khusus dirancang untuk membaca lingkungan secara akurat tanpa kehadiran pengemudi.

Selain ekonomis, konsep Robomart juga memungkinkan pengumpulan data konsumen langsung, misal lokasi pembelian, jenis barang yang dipilih, dan waktu transaksi.

Prototipe kendaraan telah diujikan oleh departemen kendaraan nermotor pemerintah California, Amerika Serikat. Rencananya penggunaan komersial akan dilakukan di wilayah San Fransisco.