Shiki-shima Japan

Moda transportasi jarak jauh seperti kereta memang wajib mengusung aspek kenyamanan bagi penumpang. Kamu pasti enggan menumpang berjam-jam di dalam gerbong kotor dengan sirkulasi udara yang buruk, tidak ada toilet, hingga fasilitas interior yang rusak dimakan ngengat.

Negara asal kereta Shinkasen, Jepang memulai debut kereta super mewah yang mengedepankan pelayanan layaknya hotel bintang lima. Kereta bernama Shiki-shima tersebut dirancang oleh Ken Okuyama yang terinspirasi dari kereta Seven Stars. Namun kali ini desain luarnya tampak agak futuristik.

Kereta ini menawarkan perjalanan dari Tokyo ke Honshu. Sepanjang perjalanan penumpang akan disuguhi fasilitas seperti tempat tidur, ruang makan, bathtub, dan sofa yang semuanya dibalut dengan kesan mewah. Sensasi menaiki Shiki-shima mirip seperti kapal pesiar dengan lanskap pemandangan darat.

Shiki-shima Japan
Gerbong kereta cukup besar sehingga bisa memuat dua lantai

Dalam mendesain kereta ini, Okuyama lebih memilih kesan modern dibanding gaya klasik yang kerap dibawakan kereta ekspres. Sebagian material bahan baku kereta beserta interiornya berasal dari dalam negeri.

Dibanding menyebutnya sebagai moda transportasi, Shiki-shima lebih cocok disebut sebagai traveling. Pasalnya durasi perjalanan berkisar antara 2 sampai 4 hari dengan pemberhentian di titik-titik yang menarik untuk dikunjungi.

Harga tiket yang dijual tidak bisa disebut murah. Satu orang dikenai biaya paling murah hampir Rp 40 juta sedangkan yang paling mahal berada di angka Rp 113 juta. Dalam rentang harga tersebut diberikan fasilitas yang bervariasi. Bagi calon penumpang yang berminat sepertinya harus menunggu hingga tahun depan sebab Shiki-shima sudah di-book hingga Maret 2018.