Simin Qiu, seorang mahasiswa desain di London Royal College of Art telah menciptakan keran unik dengan desain elegan di dalamnya. Fitur unik pada keran buatan Qiu berada pada aliran air.
Dengan dua buah rotor yang berputar berlawanan, aliran air diajak berputar-putar dalam pola geometris spiral. Ketika keluar, ia terlihat begitu indah. Setidaknya ada tiga pola berbeda yang bisa diterapkan.
Keran Ini Membuat Aliran Air Menjadi Indah Sekaligus Lebih Hemat
Keran dioperasikan dengan sebuah tombol yang hanya perlu disentuh dengan lembut. Desainnya juga terintegrasi dengan sistem untuk mengatur suhu air. Dibanding keran tradisional, Swirl nama keran buatan Qiu 0,4 detik lebih cepat ketika diaktifkan.
Tidak hanya itu, pola aliran air seperti ini mampu menghemat air sebanyak 15% dibanding menggunakan keran tradisional.
Keran Ini Membuat Aliran Air Menjadi Indah Sekaligus Lebih Hemat
Berkat karyanya yang unik ini, Qiu memperoleh iF Concept Design Award 2014, sebuah organisasi yang menjadi wadah bagi inovator untuk memaparkan karyanya.
Qiu mengaku dirinya terinspirasi dari beragam bentuk spiral di alam, seperti misalnya yang ada pada tumbuhan. Air juga menjadi simbol kehidupan bagi semua makhluk di bumi.
Keran Ini Membuat Aliran Air Menjadi Indah Sekaligus Lebih Hemat
Saat ini, Qiu mengaku keran buatannya masih dalam tahap prototipe. Ia masih butuh tambahan dana untuk membawa desain ini ke publik.