Tesla Semi Truck Interior
Musk mengatakan kemudi di tengah memberikan pandangan lebih luas

Tesla baru saja mengumumkan truk elektrik Tesla Semi pada Kamis ini di Hawthorne, California. Elon Musk yang menjadi pembicara dalam ajang tersebut membeberkan sejumlah kelebihan truk rancangan perusahaannya ke hadapan publik dan awak media.

Di samping performa bak supercar dan jarak tempuh hingga 800 kilometer, Tesla mengusung desain futuristis nan elegan baik di luar dan di dalamnya. Faktor aerodinamis menjadi pertimbangan utama saat membuat penampilan luarnya. Namun masuk ke dalam, Tesla menawarkan interior yang berbeda dari truk pada umumnya.

Tesla Semi Truck Interior
Tesla Semi didukung interior yang elegan, bersih, dan minimalis

Tesla menempatkan kemudi di tengah, dengan demikian pengemudi mendapat pemandangan lebih luas dibanding jika ditempatkan disalah satu sisi. “Kami memasukkan pengemudi di tengah, jadi posisi Anda seperti mobil balap.” ujar Musk dalam ajang tersebut.

Dua layar sentuh di sisi kiri dan kanan mengingatkan kembali seperti Model 3. Interiornya sangat bersih dan lega, bahkan kamu bisa berdiri di dalam truk. Musk menambahkan kompleksitas interior truk diesel justru meningkatkan biaya perawatan. Sementara itu rekan pengemudi duduk di belakang.

Tesla Semi Truck Interior
Kenyamanan pengemudi menjadi salah satu prioritas dari desain ini

Interior luas ini sendiri hadir berkat lokasi baterai yang berada di bawah. Bahkan Tesla menyisakan ruang di bagasi depan atau sering disebut frunk. Musk membeberkan bahwa kapasitas luas dimaksudkan agar perusahaan pemilik truk dapat membawa peralatan yang mereka butuhkan selama perjalanan.

Tesla Semi mendapat jaminan perjalanan hingga 1,6 juta kilometer. Sebagai gambaran, jarak tersebut setara dari Bumi ke Bulan bolak-balik 4 kali. Truk elektrik ini sudah bisa dipesan oleh perusahaan yang berminat dan proses produksi dimulai 2019 mendatang.