AI Music Composer
Musik yang dibuat oleh kecerdasan buatan tidak kalah bagus dengan yang dibuat manusia (Ilustrasi: Sefsed.com)

Kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) perlahan namun pasti menginfiltrasi industri kreatif. Setelah sebelumnya trailer film Morgan disusun oleh AI, sebuah lagu berjudul Break Free yang dinyanyikan Taryn Southern beredar di Youtube.

Penggunaan AI sebagai komposer bukanlah yang pertama kali. September 2016 lalu Sony Flow Machine merilis lagu berjudul Daddy’s Car dengan gaya musik The Beatles. Lirik lagu tetap dibuat manusia tetapi aransemen mengandalkan kecerdasan buatan. Ingin tahu seperti apa lagu tersebut? Tonton video berikut.

Dalam kasus ini lagu Break Free bisa dibilang lebih ekstrim. Taryn menggunakan AI bernama Amper untuk menyusun musik dari nol hingga pengeditan video. Taryn hanya perlu merekam dirinya bernyanyi, kemudian Amper mengatur ketukan, ritme, gaya musik, dan suasana yang “menurutnya” sesuai.

Taryn mengatakan dirinya menjadi punya lebih banyak waktu berkat bantuan AI. Fakta menarik sekaligus menakutkan bahwa AI tersebut mampu menilai seperti apa lagu itu seharusnya. Lagu Break Free mengusung gaya pop yang terdengar sama saja dengan lagu-lagu buatan manusia.

Walaupun Amper masih diperuntukkan kreator musik skala kecil dan menengah, namun ke depannya bukan tidak mungkin menguasai bidang yang lebih besar. Elon Musk sebelumnya pernah meminta pemerintah untuk membuat regulasi AI agar tidak mengancam pekerjaan manusia.

Berikut lagu Break Free yang dibuat oleh kecerdasan buatan: