Roket Flat Earth
Pria nekat akan luncurkan dirinya sendiri dengan roket "seadanya" (credit: APnews)

Mike Hughes adalah seorang penganut teori konspirasi Bumi datar (flat earther). Meski data saintifik telah membuktikan bahwa Bumi berbentuk bulat, namun pria berusia 61 tahun ini menganggapnya sebagai sebuah penipuan. Untuk itu ia berusaha mencari bentuk Bumi “sejati” melalui proyek peluncuran roket.

Roket bertuliskan “Research Flat Earth” tersebut akan membawa dirinya dengan kecepatan 800 kilometer per jam dan ketinggian sekitar 2 kilometer sebelum akhirnya parasut terbuka dan menurunkannya secara perlahan.

Menurut wawancara dengan APnews, peluncuran ini bertujuan untuk menguji roket buatannya. Di masa depan ia berharap bisa mengadopsi sistem peluncuran dengan balon udara “Rockoon” dan membawanya hingga ketinggian lebih dari 100 kilometer dimana sudah masuk dalam daerah pinggir angkasa.

Roket Flat Earth
Hughes mempelajari sendiri cara membangun roket

Hughes bercita-cita untuk memotret sendiri foto Bumi dari angkasa, sehingga ia bisa melihat adanya lengkungan atau tidak.

“Saya tidak percaya sains.” katanya. Meski memahami aerodinamika dan ilmu roket sains yang dipelajarinya sendiri, baginya hal tersebut bukanlah sains melainkan formula. “Tapi itu bukan sains, itu hanya formula. Tidak ada perbedaan antara sains dan sains fiksi.” lanjut Hughes.

Flat Earth Rocket
Fasilitas peluncuran terpaut dengan sebuah mobil van

Roket tersebut disponsori oleh grup bernama Research Flat Earth. Rencananya peluncuran akan dilakukan Sabtu, 25 November di sebuah kota mati di California bernama Amboy. Pada ketinggian maksimum Hughes akan mengambil gambar untuk membuktikan bentuk planet yang ditinggalinya.

Peluncuran akan disiarkan secara langsung melalui saluran Youtube miliknya. Bahkan ia mengaku sudah menghubungi lembaga penerbangan Federal Aviation Administration dan Bureau of Land Management.

“Seorang pria yang membangun roketnya sendiri di garasi, akan meluncur sejauh satu mil. Ini adalah kisah rasa ingin tahu manusia paling menarik di dunia.” tutupnya.