Pemandangan tak biasa terlihat di salah satu pabrik mobil Ford di Amerika Serikat. Para pekerja yang bertugas merangkai bagian-bagian kendaraan tampak mengenakan alat seperti robot yang melingkari tubuh bagian atas.

Ford melakukan uji coba EksoVest, sebuah eksoskeleton yang berfungsi mengurangi beban saat bekerja, khususnya ketika mengangkat beban tertentu dalam waktu lama. Perusahaan telah menjalani trial pada 2 pabrik di AS dan kini 15 pabrik lainnya yang tersebar secara global dikabarkan bakal memiliki fasilitas serupa.

Kurangi beban hingga cegah cidera

Ford EksoVest

EksoWorks sebagai perancang EksoVest untuk Ford menjelaskan eksoskeleton buatannya tidak memiliki mesin atau baterai. Namun mengandalkan distribusi beban ke bagian tubuh lainnya sehingga tangan dan pundak terasa ringan saat bekerja.

Dengan pakaian mirip robot ini pekerja mendapat keringanan hingga 6,8 kilogram. Pekerjaan seperti memasang komponen mobil di bagian bawah sering kali menyebabkan cidera karena tangan terus-menerus terangkat melakukan kegiatan repetitif.

Nick Gotts salah satu operator EksoVest di Flat Rock Assembly mengaku sangat terbantu dalam pekerjaannya.

“Saya tidak ingin melepaskan EksoVest. Pekerjaan apapun yang melibatkan tangan terangkat, saya tidak ingin mengerjakannya tanpa itu (EksoVest).” kata Gotts, seperti dilaporkan oleh Ford.

Berkat feedback positif, Ford dengan percaya diri mengaplikasikan teknologi serupa di pusat perakitan lain, seperti di Asia Pasifik, Eropa, dan Amerika Selatan.

Berikut video EksoVest dikenakan oleh karyawan Ford: