Ecocapsule
Ecocapsule dapat ditempatkan di mana saja sebagai tempat tinggal sementara

Ada banyak perusahaan menawarkan ide rumah minimalis untuk menjawab kebutuhan tempat tinggal yang nyaman. Salah satunya adalah perusahaan asal Slovakia yang menjajakan rumah berbentuk telur dengan fitur dan sumber energi terbarukan.

Rumah telur bernama Ecocapsule berukuran 4,7 x 2,2 meter serta tinggi 2,5 meter. Interiornya jelas sangat terbatas, tetapi didesain sedemikian rupa agar cukup untuk tempat tidur, kamar mandi, toilet, dapur, dan ruang penyimpanan. Setidaknya, masih nyaman ditinggali dua orang.

Konsep rumah minimalis lainnya yang saat ini sedang dikerjakan ialah Ten Fold Engineering, rumah yang dapat melipat otomatis dan dibuka dalam waktu 10 menit saja.

Ecocapsule
Interior Ecocapsule

Struktur rumah terbuat dari baja yang kuat dan ringan. Untuk didirikan, rumah tersebut tidak perlu pondasi, melainkan cukup tanah yang rata. Bobot keseluruhan, termasuk tangki air dalam kondisi penuh mencapai 1,6 ton atau sedikit lebih ringan dari mobil hatchback.

Yang membuat Ecocapsule istimewa, sumber energinya berasal dari sumber terbarukan. Panel surya yang menutupi atap dapat menyediakan daya 880 watt, sedangkan tambahan turbin angin mencapai 750 watt. Tentu saja penghuni tidak diizinkan menyalakan api dalam ruang tertutup sekecil itu, sebagai gantinya untuk memasak sudah dimasukkan kompor elektrik.

Ecocapsule
Ruangannya cukup untuk menjalankan aktivitas primer

Pengaturan suhu ruangan, termasuk pemanas dan air-conditioner bisa dikontrol melalui smartphone Android dan iOS. Selain itu, melalui aplikasi ponsel kamu dapat memantau sistem rumah, energi yang digunakan, pencahayaan, pengaturan udara, dan sebagainya.

Ecocapsule dijual seharga $79.800 per unit, tetapi pihak perusahaan berjanji harganya akan terus menyusut seiring waktu. Sementara pemesanan sudah dibuka, namun pengiriman baru akan dilakukan tahun depan.