USS Enterprise, USS Enterprise Aircraft Carrier

Mendengar kata USS Enterprise mungkin kamu akan membayangkan kapal luar angkasa di film Star Trek, tetapi yang dimaksud disini adalah kapal induk milik angkatan laut Amerika Serikat.

USS Enterprise telah beroperasi sejak 1961, dengan demikian ia telah mengabdi selama kurang lebih 55 tahun.

Kapal induk ini memegang rekor sebagai yang pertama dengan bahan bakar nuklir. Menggunakan 8 reaktor Westinghouse A2W, USS Enterprise hanya perlu mengisi bahan bakar sekali dalam 20-25 tahun.

USS Enterprise, USS Enterprise Aircraft Carrier
Dibangun pada 1958, USS Enterprise sudah menggunakan tenaga nuklir

Dengan bobot 93.284 ton, Enterprise membawa 5.828 orang termasuk 1.300 kru di dalamnya.

US Navy mengungkap Enterprise telah berlayar hingga jutaan mil jauhnya dan diklaim sebagai salah satu kapal tertua milik mereka.

Sebelumnya USS Enterprise telah dihapus dari daftar kapal aktif sejak 2012 di Norfolk Naval Station, Virginia. Dan perlu waktu 48 bulan untuk proses penonaktifan, termasuk memastikan reaktor telah offline.

Gerald R Ford
Gerald R Ford sebagai pengganti USS Enterprise

Diketahui USS Enterprise telah beroperasi cukup lama, dan teknologi di dalamnya sudah tidak layak untuk militer modern. Sebagai gantinya, US Navy telah menyiapkan Gerald R Ford yang dibangun sejak 2009 lalu.

Kapal induk paling ikonik ini diderek ke Puget Sound Naval Shipyard untuk dibersihkan nuklirnya dan membongkar bagian tertentu.

USS Enterprise, USS Enterprise Aircraft Carrier
Bahan bakar diambil dan mesin dimatikan, USS Enterprise dibawa dengan bantuan kapal derek (foto upacara penonaktifan USS Enterprise)

“Kita tahu memori akan hidup disana dan kita – pelaut, pembuat kapal, tim pendukung di Enterprise – kita akan tetap terhubung dengan Enterprise berikutnya ” kata Capt. Todd Beltz.