Comma Self Driving
Tidak perlu membeli mobil khusus untuk memiliki kemampuan self-driving (credit: John J/Youtube)

Tak terhitung berapa banyak perusahaan dan startup yang bekerja keras membangun mobil tanpa sopir atau dikenal dengan istilah self-driving. Nama besar seperti Tesla, Mercedes, Toyota, hingga GM Motor membuat desain mobil dari nol. Uniknya, pendekatan berbeda ditawarkan oleh seorang hacker yang pernah meretas iPhone dan Playstation 3.

George Hotz mendirikan startup bernama Comma.ai dengan tujuan mentransformasi mobil biasa menjadi mobil self-driving yang mampu mengemudikan sendiri, tanpa bantuan sopir. Ia pun tidak membuat mobil, melainkan memproduksi hardware dan software yang dapat ‘menyusup’ ke dalam sistem kendaraan agar bisa mengemudi otomatis.

Dikutip oleh Sefsed.com dari The Verge, Hotz mengatakan paket peralatannya dibanderol seharga $999 atau Rp 13 jutaan untuk satu unit mobil. Perlu dicatat bahwa tidak semua mobil bisa disulap menjadi self-driving. Ia menyarankan mobil produksi 2010 ke atas yang bisa menggunakannya. Selain itu, Comma.ai juga telah menuliskan daftar mobil yang didukung.

George Hotz

“Jika mobil Anda memiliki electronic stability control dan electronic power steering, ada peluang untuk kami membuatnya bekerja (self-driving).” kata Hotz.

Komponen hardware dari Comma.ai akan bekerjasama dengan sensor mobil untuk mengenali lingkungan dan menentukan tindakan apa yang diperlukan. Hotz bahkan tidak ragu bahwa teknologinya serasa seperti dikemudikan manusia. Perangkat diklaim dapat dipasang oleh pengguna dengan mudah.

Pada pertengahan 2017 lalu Comma.ai telah mengirimkan ke 100 pemesan dengan 50 di antaranya sebagai beta tester. Harga perangkat akan terus ditekan namun pihaknya tidak bisa berjanji bahwa semua mobil bisa dijadikan self-driving mengingat keterbatasan teknologi.

“Kami ingin menjadi Android bagi mobil kemudi sendiri, untuk membuat platform ini semaksimal mungkin. Kami akan berjalan sebagai Android dan biarkan Tesla menjadi iOS.” tutup Hotz.

Berikut video tentang Comma.io: