Blink Camera
Pihak pengembang selalu berusaha membuat produk kamera keamanan nirkabel

Kamera pintu atau video doorbell sangat memudahkan pemilik rumah mengetahui siapa yang hendak masuk tanpa harus membuka pintu atau mengintip dari jendela. Startup asal Amerika Serikat merilis kamera pintu wireless dengan baterai internal yang mampu bertahan sangat lama.

Dijuluki Blink Video Doorbell, alat tersebut kira-kira seukuran ponsel standar tipe candybar. Hanya ada satu tombol yang berfungsi sebagai bel, disertai kamera HD yang memantau siapa tamu yang datang.

Perangkat terhubung dengan jaringan internet WiFi sehingga pemilik rumah dapat mengaksesnya langsung dari smartphone. Selain merekam video, tersedia mikrofon dan speaker (audio dua arah) dimana pendatang dapat berkomunikasi dengan penghuni rumah tanpa harus berteriak.

Blink Camera
Lensa lebar memungkinkan mengambil sudut pandang yang luas

Menurut pihak perancang, perangkat sudah dilabeli sertifikat IP-65 tahan cuaca. Saat kondisi minim cahaya, dapat diaktifkan fitur night vision.

Menariknya, konsumsi energi Blink Video Doorbell sangat rendah. Dengan dua buah baterai AA diklaim mampu menghidupkan perangkat selama kurang lebih 2 tahun. Pencapaian ini sangat impresif di balik desainnya yang minimalis.

Blink Video Doorbell tengah dipamerkan di ajang CES 2018. Startup yang kini diakuisisi oleh Amazon tersebut menawarkan produk terbarunya dengan harga miring, yakni $99 USD atau Rp 1,3 juta.