Hasselblad H6D-400c MS
Sensor kamera dapat bergerak untuk mendapatkan banyak gambar

Sebuah kamera beresolusi tinggi menjadi dambaan bagi profesional, sebab detil yang dihasilkan sangat spesifik dan tajam. Meski teknologi kamera saat ini sudah cukup memadai, produsen kamera legendaris Hasselblad mengumumkan salah satu monster terbarunya.

Hasselblad H6D-400C MS menawarkan resolusi jumbo yang belum pernah ada sebelumnya, yakni 400 megapiksel. Sebelumnya, perusahaan asal Swedia ini merilis H6D-100C dengan resolusi 100 MP. Untuk produk barunya, Hasselblad menggunakan sensor yang sama tetapi dengan pembaharuan multi-shot untuk menghasilkan 6 foto yang disambung sekaligus.

Hasselblad 400 MP
Bahkan kartu SD terbesar saat ini tidak akan cukup untuk kebutuhan 2,4 GB per foto

Untuk memproduksi foto 400 MP, sensor kamera bergerak secara fisik beberapa kali agar mendapat sudut pandang yang berbeda. Setelah data dikumpulkan, sensor akan kembali di posisi aslinya. Dari 6 foto gabungan itu, totalnya berukuran 2,4 GB dengan format 16-bit TIFF, dan resolusi 23.200 x 17.00 piksel. Hasselblad menjanjikannya sebagai resolusi paling detail.

Namun karena ukuran fotonya yang terlampau besar, H6D-400C MS harus dihubungkan ke komputer. Penyimpanan standar DSLR tidak akan cukup menangani permintaan kamera ini.

Selain kemampuan multi-shot, kamera baru H6D ini mempunyai fitur yang sama dengan varian Hasselblad lainnya, seperti dynamic range, True Focus II, image field, dan ISO dari 64 hingga 12.800.

Hasselblad H6D-400
Layar 920K untuk dengan UI sederhana

Untuk merekam video dengan frame rate 30 fps diperlukan koneksi ke komputer melalui USB-C. Sementara tersedia pula slot SD tetapi kurang mencukupi. Kamera dilengkapi WiFi untuk menampilkan gambar di iPhone atau iPad menggunakan aplikasi Phocus Mobile.

mengingat statusnya sebagai ‘mainan’ profesional, tidak mengherankan apabila harganya pun tidak bisa dijangkau semua orang. Satu unit Hasselblad H6D-400C MS ditawar $48.000 atau Rp 685 juta. Nominal yang cukup untuk membeli mobil, bukan?