EnChroma
Penderita buta warna parsial mampu melihat warna dengan jelas

Sebagian populasi dunia memiliki mata yang tidak mampu melihat seluruh warna secara akurat, atau disebut dengan istilah buta warna. Saat ini, buta warna merah-hijau merupakan yang paling banyak dibanding jenis lain. Penderita kelainan ini tidak bisa membedakan spektrum warna merah, kuning, oranye, hijau, dan cokelat dengan baik. Beruntungnya, sekarang sudah ada kacamata yang dapat mengatasi masalah penglihatan ini.

Kacamata yang dibuat EnChroma mampu menegaskan batas antara warna merah dan hijau (buta warna parsial) sehingga memunculkan persepsi warna yang akurat di mata pemakainya.

Mata normal umumnya mengenali 1 juta hingga 7 juta warna berbeda. Sedangkan buta warna parsial hanya 10 ribu hingga 100 ribu warna. Mereka akan cukup kesulitan mencari daun yang layu di antara rimbunan pohon hijau, karena semuanya akan terlihat sama.

Kacamata EnChroma
EnChroma tersedia untuk anak-anak dan dewasa

Kacamata EnChroma berwarna gelap seperti kacamata hitam. Namun lapisan kaca dibuat khusus untuk membuat suasana lebih vibrant. Perusahaan menjual kacamata buta warna parsial untuk anak-anak hingga dewasa, baik laki-laki maupun perempuan dalam berbagai model.

Saat artikel ini ditulis, EnChroma menjual kacamata untuk anak-anak mulai Rp 3,7 juta sedangkan dewasa Rp 4,8 juta.

Namun, sebelum membeli, calon pengguna harus melakukan tes terhadap matanya untuk mendapatkan resep yang cocok. Pengujian itu bisa dilakukan via web EnChroma maupun mengunjungi dokter mata yang telah memiliki izin resmi dari perusahaan.

Bagaimana, kamu tertarik membelinya? Atau memberikannya sebagai hadiah kepada seseorang?