arner Kacamata Anti Radiasi Monitor
Kerja dengan komputer? Sebaiknya kamu mulai pakai kacamata anti radiasi

Meningkatnya jumlah perangkat teknologi yang menggunakan layar monitor juga turut meningkatkan resiko Computer Vision Syndrome (CVS) yakni gangguan kesehatan akibat menatap layar gadget baik itu komputer dan ponsel secara berlebih.

Startup berbasis di Barcelona, Spanyol menawarkan kacamata anti radiasi bernama Barner yang berfungsi mereduksi efek sinar biru (blue light) yang dipancarkan monitor. Paparan berlebih dari sinar ini dapat merusak mata, menimbulkan sakit kepala, mengurangi fokus, hingga mengganggu siklus tidur.

Pihak perancang Barner menyebut rata-rata orang saat ini menggunakan gadget selama lebih dari 8 jam sementara paparan selama lebih dari 3 jam sudah membahayakan tubuh.

arner Kacamata Anti Radiasi Monitor
Varian yang disediakan Barner

Kacamata Barner memblokir sinar biru yang dipancarkan layar monitor, seperti komputer, smartphone, atau televisi. Dengan demikian gangguan kesehatan akibat radiasi ini dapat dicegah.

Kacamata tersebut bersifat unisex, alias dapat dipakai pria maupun wanita. Pihaknya menyediakan tiga varian warna namun bentuknya tetap sama. Jika kamu sudah berkacamata, Barner menawarkan lensa resep yang disesuaikan dengan kondisi mata.

Barner versi super early bird di Kickstarter dibanderol seharga Rp 1,4 juta. Sementara jika menggunakan lensa resep diharuskan menambah Rp 400 ribu. Barner rencananya akan memulai produksi pada Desember dan memasarkan produknya pada Februari 2018 mendatang.

Jika kamu bekerja atau sering beraktivitas di hadapan layar, ada baiknya untuk mempertimbangkan membeli kacamata anti radiasi.