Layar Monitor Kaca
Tony Stark dengan monitor kaca di Helicarrier dalam film The Avengers (credit: Jayse)

Jika kamu sering menonton beberapa film sci-fi Hollywood pasti tidak asing lagi dengan teknologi kaca yang dijadikan layar monitor di dalam film. Teknologi tersebut memberi kesan futuristik sehingga kerap dipakai untuk film bertema masa depan.

Istilah “from sci-fi to reality” bukan omong kosong belaka. Layar monitor transparan telah dikembangkan sejak lama dan kini sudah siap dilepas ke publik. Perusahaan bernama Touch Innovations memiliki produk tersebut bernama XG.

XG berupa papan kaca selebar 39 inci dimana pada bagian bawahnya terdapat komputer beserta proyektor 3LCD untuk menampilkan gambar. Meski kaca bersifat tembus pandang, tetapi cukup terang berkat tingkat kecerahan 3.3000 lumens dan rasio kontras 15.000:1.

XG
Aplikasi XG sangat beragam

Layar tersebut dapat dikontrol dengan sentuhan, mendukung multi-touch hingga 10 input bersamaan. Aplikasinya sangat beragam, mulai untuk keperluan DJ, museum, showroom, mall, hotel, atau event-event lainnya.

Jika XG menggunakan proyektor, perusahaan lain seperti LG justru benar-benar membuat layar OLED transparan, meski tidak 100 persen tembus pandang seperti kaca.

Sistem yang ditawarkan tersedia dalam dua varian, yakni XG Pro dan XG Lite. Versi Pro dibanderol sedikit lebih mahal karena sudah dibenamkan komputer high-end sementara versi Lite menawarkan ruang kosong untuk diisi mesin komputer sesuai kebutuhan pengguna.

Meski terlihat modern dan canggih, XG tidak menargetkan konsumen mainstream. Pasalnya produk ini dibanderol cukup dalam untuk ukuran personal.

XG Pro ditawar $6.900 atau sekitar Rp 99 juta. Sedangkan XG Lite hanya terpaut tipis di di $6.000 atau Rp 86 juta per unit.

Lihat video demonstrasi XG berikut ini: