Sejak bulan Februari kemarin, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menyatakan keadaan darurat virus Zika. Sejak kemunculannya di tahun 1950-an, virus Zika telah merenggut ribuan nyawa dan ada kemungkinan jutaan orang meninggal.

Sementara korban terus berjatuhan, para ilmuwan terus bekerja untuk menemukan vaksin yang dapat menangkal virus Zika.
Kini kita bisa sedikit tersenyum sebab Badan Makanan dan Obat-obatan Amerika (FDA) telah menyetujui percobaan pertama vaksin virus Zika pada manusia. Percobaan ini akan dimulai beberapa minggu mendatang.
Kabar Baik, Vaksin Virus Zika Masuki Tahap Percobaan Pada Manusia
Virus Zika sebabkan bayi lahir cacat (credit: statnews.com).

 

Vaksin baru yang disebut GLS-5700 ini telah memulai pengujian dan akan diberikan kepada 40 orang sehat dalam fase percobaan mendatang. Perusahaan farmasi Amerika Serikat, Inovio telah menggalang kerjasama dengan perusahaan asal Korea Selatan, GeneOne Life Science untuk mengembangkan vaksin DNA.
Menurut profesior Jason Mackenzie, vaksin ini bukanlah organisme, melainkan membawa informasi genetik untuk organisme. Ini akan memicu tubuh untuk memberikan kekebalan terhadap virus. Jadi, vaksin DNA punya banyak keuntungan.
Inovio dan GeneOne Life Science akan segera melakukan percobaan GLS-5700 untuk 40 subjek pada beberapa minggu mendatang. Masing-masing subjek sepenuhnya dipantau untuk melihat efek vaksin.
Rencananya hasil percobaan sudah bisa dilihat pada akhir tahun 2016.

Sumber: Inovio