Dubai Creek Tower
Ketika menara ini selesai dibangun, Dubai bakal memiliki 2 bangunan dengan ketinggian paling mencolok

Dubai menjadi rumah bagi Burj Khalifa, bangunan tertinggi di dunia dengan 828 meter di puncak teratasnya. Meski begitu, posisinya akan segera digantikan Jeddah Tower yang direncanakan rampung pada 2020. Ketinggiannya mencapai 1.000 meter, terpaut hampir 200 meter dari pendahulunya.

Tidak banyak yang tahu bahwa Dubai juga memiliki mega proyek pembangunan menara super tinggi. Adalah Dubai Creek Tower, menara pusat dari komplek Dubai Creek Harbor dimana terdapat apartemen, tempat perbelanjaan, dan perkantoran. Menara ini juga dibangun oleh pengembang yang sama dengan Burj Khalifa, yakni Emaar Properties.

Strukturnya akan menjulang tinggi di antara bangunan lainnya. Terdapat puluhan kabel yang terpasang disana, menancap di dasar tanah. Sekilas desainnya mengingatkan kita pada jembatan gantung. Tidak heran sebab sang arsitek menara, Santiago Calatrava adalah seorang perancang jembatan.

Dubai Creek Tower
Untaian kabel di antara gedung membentuk formasi bunga bakung

Di lantai teratas terdapat dek observasi yang menawarkan keindahan Dubai dari segala sisi. Selain itu Calatrava mengatakan tingkat keamanan bangunan akan menggunakan standar terbaik, mulai dari konstruksi hingga alat berat yang dipakai.

Hingga saat ini Dubai Creek Tower baru selesai menanam pondasinya. Pembangunan diperkirakan akan rampung pada 2020. Kendati akan menyalip Burj Khalifa, namun pihak pengembang tidak membeberkan secara detail ketinggian bangunan.