Galaxy S9 Colors
Varian warna Samsung Galaxy S9 (credit: Time)

Setelah lama menjadi buah bibir dan hanya muncul di segmen rumor, Samsung akhirnya merilis Galaxy S9 di ajang Mobile World Congress 2018 di Barcelona. Lewat sebuah pengumuman bertajuk “Galaxy Unpacked 2018”, para petinggi Samsung memamerkan apa saja keunggulan dimiliki handset tersebut.

Di awal pembukaan, Presiden Samsung, Koh Dong-jin atau kerap disebut DJ Koh memperkenalkan wajah baru SmartThings pada Galaxy S9 yang akan lebih mudah terhubung dengan perangkat pintar di rumah, seperti TV, komputer, speaker, lemari es, hingga mesin cuci.

Tidak lupa, slogan “The Camera. Reimagined” terpampang jelas di layar monitor raksasa tersebut. Samsung dengan bangga membenamkan dual aperture pada Galaxy S9. Prinsipnya sama seperti mata manusia, bukaan akan membesar saat kondisi minim cahaya, dan mengecil saat cukup cahaya. Secara spesifik, Samsung menawarkan aperture 1.5 dan 2.4 yang bisa dipilih secara otomatis atau mode manual (professional mode).

Kamera akan bekerjasama dengan Bixby saat dibutuhkan. Misalnya, jika kamu memotret makanan, Bixby akan memberi tahu nama makanan tersebut dan jumlah kalori di dalamnya. Selain itu, asisten digital ini juga dapat menerjemahkan bahasa dengan pendekatan augmented reality seperti yang ada pada aplikasi Google Translate.

Harga Galaxy S9
Seperti yang telah diprediksi, Samsung condong pada keunggulan kamera (credit: Samsung)

Galaxy S9 Plus menjadi ponsel pertama di varian S yang dipersenjatai kamera ganda, yakni wide lens dan telephoto lens. Fitur tersebut memungkinkan menangkap foto bokeh yang dramatis. Samsung juga meningkatkan kemampuan video slow-motion hingga 960 fps di resolusi 720p. Angka ini sangat identik dengan kamera profesional. Sementara di resolusi yang lebih tinggi, 1080p tersedia 240 fps.

Desain ponsel secara umum tidak jauh berbeda dengan Galaxy S8. Namun, seperti janjinya, lokasi sidik jari dipindah dari yang awalnya di samping kamera menjadi di bawah kamera. Penempatan ini memudahkan dijangkau oleh jari, sekalipun pada model yang lebih besar Galaxy S9 Plus.

Tidak lupa Galaxy S9 menyematkan fitur mirip dengan Animoji pada iPhone X. Dijuluki My Emoji, kamera depan berperan menangkap gambar wajah yang kemudian diubah menjadi avatar yang dapat dikustomisasi. Proses ini terbilang lebih unik dari Animoji karena setiap orang bisa membuat karakternya sendiri dan memilih ekspresinya.

Mengingat performa hardware mobile yang kian sejajar dengan komputer, Samsung Dex hadir sebagai solusi ekonomis. Lewat perangkat tersebut, Galaxy S9 dapat dihubungkan dan menjadi otak komputer. Pengguna hanya perlu monitor saja. Sementara mouse dan keyboard bisa memanfaatkan layar sentuh pada smartphone.

Pada akhirnya, smartphone tetap mempertahankan eksistensi port Jack 3.5mm baik pada Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus. Kedua model ini kurang lebih mengusung hardware dan fitur yang sama, di luar kamera, kapasitas baterai, RAM, dan ukuran layar.

Spesifikasi Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus

Spesifikasi Galaxy S9 Galaxy S9 Plus
Ukuran Layar 5,8 inci AMOLED 6,2 inci AMOLED
Penyimpanan 64 GB (slot MicroSD 400 GB) 64 GB (slot MicroSD 400 GB)
Kamera Belakang 12 MP Dual 12 MP
Kamera Depan 8 MP 8 MP
Video 4K 4K
Slow-Motion 720p 960 fps, 1080p 240 fps 720p 960 fps, 1080p 240 fps
Prosesor Snapdragon 845/Exynos 9810 Snapdragon 845/Exynos 9810
RAM 4 GB 6 GB
Baterai 3.000 mAh 3.500 mAh
Sidik Jari Belakang Belakang
Fitur Spesial Dual-Aperture, Water Resistant (IP68), pengenal wajah, pemindai iris, stereo speaker, dan My Emoji  Dual-Aperture, Water Resistant (IP68), pengenal wajah, pemindai iris, stereo speaker, dan My Emoji
OS Android Oreo Android Oreo
Rilis Pertengahan Maret Pertengahan Maret

Dikutip dari berbagai sumber.

Soal harga, kabar baiknya Galaxy S9 tidak semahal iPhone X seperti yang diklaim rumor sebelumnya. Samsung mematok $720 untuk model standar, dan $840 untuk yang lebih besar. Menurut Kompas, harganya ketika sampai di Indonesia menjadi Rp 11,5 juta dan Rp 14,5 juta.

Proses pre-order akan dibuka pada 27 Februari besok dan perilisan global kira-kira pertengahan Maret. Samsung bahkan telah memasang papan iklan di beberapa sudut kota Jakarta. Ini artinya, Indonesia sudah pasti menjadi salah satu target pemasaran Samsung Galaxy S9.

Melihat penawaran dan fitur di atas, seberapa besar rasa tertarikmu terhadap Galaxy 9?