Mobil Listrik, BMW i8, harga mobil listrik, mobil elektrik, mobil listrik bmw,
Hanya dalam 6 menit pengisian, mobil dapat berjalan sejauh 600 kilometer

Tantangan utama bagi para produsen mobil listrik adalah teknologi baterai yang harus mampu menyediakan suplai energi untuk jarak tempuh yang layak. Toshiba sedang mengembangkan baterai dengan kemampuan fast-charging jenis baru yang diklaim membuat kendaraan elektrik lebih jauh.

Super Charge ion Battery atau SCiB sudah diperkenalkan sejak 2007 lalu dan menjadikan kecepatan pengisian sebagai daya tarik utamanya. Di sisi lain baterai memiliki masa hidup cukup panjang, yakni 10 tahun.

toshiba-triple-scib-2
Perbandingan baterai standar dengan SCiB

SCiB saat ini menggunakan lithium titanium oxide sebagai anodanya, namun generasi selanjutnya akan menggunakan material bernama titanium niobium oxide. Dengan material ini Toshiba dapat menyusun struktur kristal untuk meningkatkan efisiensi sekaligus melipatgandakan kapasitasnya.

Toshiba sudah melakukan ujicoba dan menyebut kondisi baterai berada di level 90% setelah 5.000 kali pengisian. Menurut perusahaan, kendaraan listrik bisa menempuh 320 kilometer setelah diisi selama 6 menit menggunakan ultra-rapid charging. Angka ini setara dengan teknologi pengisian baterai lithium-ion standar.

toshiba-triple-scib-2
Baterai 50-Ah yang sudah diujikan oleh Toshiba

Dr. Osamu Hori, direktur penelitian di Toshiba mengaku sangat senang dengan pengumuman ini. Baterai baru akan meningkatkan jarak perjalanan mobil listrik di masa depan. Menurutnya SCiB baru akan diaplikasikan pada 2019 mendatang.

Tak hanya Toshiba, perusahaan asal Israel juga sedang mengerjakan teknologi serupa yang dijuluki FlashBattery dengan kemampuan 500 km perjalanan hanya dengan 5 menit pengisian. Namun sama seperti Toshiba, baterai ini masih belum diaplikasikan pada kendaraan.