Ukuran Roket
Seperti ini wujud roket BFR jika dibandingkan Boeing 747

Seberapa besar ukuran roket? Rata-rata memiliki ketinggian di atas 50 meter dengan diameter 3 meter. Dengan gambaran angka seperti itu rasanya akan sulit untuk membandingkannya dengan manusia atau objek umum seperti kendaraan atau rumah. CEO SpaceX Elon Musk membagikan video yang diunggah oleh kanal Youtube Corridor Crew dimana terlihat roket Falcon 9, Falcon Heavy, dan BFR disandingkan dengan beberapa objek lain.

Tentu saja bukan roket asli yang dibawa ke ruang publik, melainkan efek visual (VFX) yang tampak cukup realistis dalam hal skala. Sementara Falcon 9 secara rutin sudah meluncurkan satelit, Falcon Heavy telah menjalani uji coba perdana, roket raksasa Big Falcon Rocket (BFR) rencananya baru akan terbang pada 2022.

BFR memiliki tinggi 106 meter yang artinya melebihi tinggi dari patung Liberty. Meski begitu, roket ambisius SpaceX tersebut masih kalah dari roket tertinggi sepanjang sejarah yakni Saturn V yang membawa manusia ke Bulan hampir 50 tahun lalu.

Berikut video yang diunggah oleh Corridor Crew:

Menariknya, kanal Youtube Everyday Astronaut juga mengunggah video sejenis yang menampilkan perbandingan ukuran roket di hari yang sama. Bedanya, video itu menyertakan beragam roket terkenal seperti Space Shuttle, Soyuz, Delta IV, dan SLS yang akan diluncurkan NASA pada 2020.

Roket-roket tersebut ditempatkan di lokasi publik mulai dari jalanan, perkotaan, jembatan hingga monumen terkenal di dunia seperti Menara Eiffel dan Taj Mahal. Berikut video lengkapnya:

Hingga kini roket terbesar di dunia adalah Saturn V dengan ketinggian 111 meter yang jika diletakkan di lapangan sepakbola akan menyentuh kedua ujungnya.

Melihat ukurannya yang sedemikian besar, tidak heran apabila para insinyur roket dan teknisi terkemuka memerlukan waktu bertahun-tahun untuk proses desain. Sebab satu kesalahan kecil saja akan menghancurkan objek sebesar gedung itu.