Peluncuran Falcon Heavy
SpaceX dapatkan jadwal resmi peluncuran Falcon Heavy (credit: SpaceX)

Peluncuran Falcon Heavy sudah di depan mata. SpaceX akhirnya mengumumkan tanggal pasti peluncuran roket terkuat di dunia tersebut pada 6 Februari waktu setempat di pusat peluncuran milik NASA, Kennedy Space Center, Florida, Amerika Serikat.

Menurut situs Kennedy Space Center, jendela peluncuran akan dibuka pada 01:30 siang waktu setempat. Peluncuran mungkin saja diundur kembali akibat kondisi cuaca yang tidak memungkinkan. Tetapi menurut prediksi, cuaca di sana berpotensi 80 persen cerah dengan sedikit awan sehingga ideal untuk peluncuran.

Sementara peluncuran dilakukan di siang hari, namun belahan Bumi lain tentu punya waktu yang berbeda. Hari Selasa pukul 01:30 siang di Florida sama dengan 01:30 malam di Jakarta dalam zona Waktu Indonesia Barat (WIB).

Secara detil, jadwal tersebut sudah bukan hari Selasa lagi, melainkan hari Rabu dini hari mengingat jam di Indonesia lebih dulu dibanding Amerika Serikat. Dengan begitu, kita bisa menyaksikan live streaming peluncuran pada Rabu dini hari pukul 01:30 WIB.

Tesla Roadster Falcon Heavy
Ini dia muatan Falcon Heavy (credit: Elon Musk/Instagram)

CEO SpaceX, Elon Musk sempat memberikan update terbaru terkait wahana yang dibawa Falcon Heavy. Ternyata ada penumpang lain di dalam mobil Tesla Roadster, namun bukan manusia sungguhan, melainkan manekin yang mengenakan pakaian astronot desain SpaceX.

Muatan Falcon Heavy pada peluncuran perdananya adalah mobil elektrik Tesla Roadster milik Elon Musk yang akan dikirim ke planet Mars. Hal menarik lainnya adalah ketiga booster roket akan pulang kembali setelah berada di angkasa. Tidak lupa, ini akan menjadikan Tesla Roadster sebagai mobil tercepat yang pernah melakukan perjalanan.

Peluncuran Falcon Heavy bisa kamu saksikan langsung di halaman Webcast SpaceX pada jam yang telah ditentukan.