Google Pixel 3 Concept
Render Google Pixel 3 XL perlihatkan desain mirip iPhone X (credit: Phonearena)

Nama besar seperti Samsung Galaxy Note 9, LG G7 ThinkQ, HTC U12+, dan iPhone X ‘versi kedua’ akan menghiasi deretan handset flagship tahun ini. Tidak ketinggalan ponsel Google Pixel 3 dan Pixel 3 XL yang selalui menjadi rajanya Android. Bagi kamu yang sudah membaca berita dalam seminggu terakhir, mungkin sudah tahu bagaimana ponsel andalan Google tersebut terlihat.

Minggu lalu situs microblogging China, Weibo memperlihatkan foto pelindung layar untuk Google Pixel 3. Sementara Pixel 3 tidak berbeda jauh dengan Pixel 2, varian Pixel 3 XL tampak menyamai desain iPhone X. Poni atau notch yang berada di bagian atas layar menjadi sasaran kritik para penggemar Android yang sudah bosan dengan ponsel kloning iPhone X.

Google Pixel 3 Screen Protector
Pelindung layar yang diklaim akan ditujukan untuk Google Pixel 3 dan Pixel 3 XL

Seperti yang bisa dilihat, speaker stereo menghadap muka tetap dipertahankan, namun ukuran bezel semakin tipis sehingga memperluas area layar. Tidak seperti iPhone X yang melebar, notch pada Pixel 3 XL terlihat lebih kecil dimana sensor cahaya, speaker, dan kamera bisa bersemayam disana.

Meski rumor ini terdengar kurang mengenakan bagi penggemar Google Pixel, kabar terbaru dari seorang pengguna Reddit bernama “fondantsnail” mengklaim bahwa notch tersebut bisa disembunyikan sehingga terlihat seperti smartphone pada umumnya. Ia juga menyertakan foto render dalam keadaan notch aktif dan notch mati.

Google Pixel 3 XL Notch
Notch bisa disamarkan dengan mematikan layar di sekitar areanya

Mengingat Pixel 2 dan Pixel 2 XL menggunakan teknologi layar OLED, kemungkinan besar jenis yang sama juga akan hadir pada ponsel generasi selanjutnya. Diketahui layar OLED memungkinkan sebagian area layar ‘mati total’ sehingga terlihat hitam gelap dan menyatu dengan notch.

Terlepas dari itu, jika rumor ini benar, maka tidak bisa disangkal lagi Apple kembali mengontrol bagaimana suatu desain smartphone dianggap menarik. Google juga telah merilis update untuk Android P dimana di dalamnya tersemat fitur yang mendukung ponsel yang memiliki notch.

Terkait apakah desain Pixel 3 dan Pixel 3 XL akan dicintai konsumen, hanya waktu yang menjawab hingga Oktober ketika keduanya dirilis.