iPhone 8
Render iPhone 8 berdasarkan rumor yang beredar (credit: Prince Studio)

Rumor smartphone eksklusif iPhone 8 telah beredar sejak tahun lalu. Sebagian pihak yang mempunyai informasi rahasia tersebut mengklaim Apple akan merombak habis smartphone terbarunya. Bagian yang paling mencolok adalah layarnya yang memenuhi hampir seluruh permukaan depan dan memaksa tombol fisik Home ‘menghilang’.

Beberapa spekulasi menyebut Apple akan mengusung fingerprint alias Touch ID di bawah layar. Hal ini juga dikuatkan setelah Qualcomm merilis teknologi tersebut pada Juni lalu, yang secara tidak langsung memastikan iPhone 8 bakal mengadopsinya.

Sayangnya kabar terbaru mengatakan sebaliknya. The Korea Herald melaporkan Apple sudah berjuang keras dengan teknologi fingerprint di bawah layar, namun mereka terkendala dengan chip controller.

iPhone 8
Sebuah postingan di jejaring sosial Weibo juga mengatakan hal serupa, tidak ada fingerprint pada iPhone 8

Sebagai ganti ketiadaan Touch ID iPhone 8 akan memaksimalkan fungsi facial recognition atau pengenal wajah yang diklaim sangat cepat. Sensor tiga dimensi mampu mengenali wajah penggunanya dalam “sepersejuta detik”. Perlu diketahui sensor Touch ID milik Apple juga dikenal punya kecepatan luar biasa.

Jika benar maka iPhone akan kehilangan salah satu fitur identitasnya yang sudah ada sejak iPhone 5s. Apple rencananya akan membeberkan detail iPhone 8 pada pertengahan September mendatang.