iPad Face ID
Face ID akan semakin mainstream di jajaran produk Apple (credit: Pixabay)

Pada ajang WWDC 2018, Apple banyak mengumumkan pembaharuan pada sistemnya, terutama dari sisi software dan iOS 12 merupakan pusat perhatian utama. Sistem operasi tersebut kabarnya sudah tersedia untuk developer dalam fase Beta. Salah satu developer memanfaatkan peluang tersebut untuk melihat apakah iPad di masa depan mendukung sistem keamanan biometrik Face ID.

Developer bernama Guilherme Rambo melalui akun Twitter-nya memperlihatkan interface pada iPad yang ternyata sudah mendukung Face ID. Tweet tersebut seolah membenarkan rumor sebelumnya bahwa eksistensi Face ID dapat dipastikan hadir pada varian terbaru iPad.

Meski akan menggunakan Face ID, belum tentu iPad selanjutnya bakal mirip seperti iPhone X, dalam hal desain notch yang dinilai mengganggu tersebut. Namun satu yang pasti, teknologi pengenal wajah tiga dimensi akan menjadi tumpuan keamanan perangkat.

Selain itu, Apple juga telah memperkenalkan fitur baru Face ID dimana kini bisa mendukung pengenalan dua orang atau lebih. Semisal jika ponsel digunakan bersama dengan anggota keluarga lain. Hal ini sekaligus membantu mengurangi masalah ‘kebingungan’ sistem Face ID beberapa waktu lalu yang berhasil dibobol oleh seorang anak karena wajahnya yang mirip dengan ibunya.

Apple dalam pengumumannya menjelaskan iOS 12 untuk iPad akan dibekali mekanisme gestur seperti iPhone X. Ini juga menjadi indikasi bahwa iPad mungkin hadir dengan desain baru.