LIMBO

Kamu yang sempat menikmati kehidupan masa kecil bersama mainan tradisional tentunya sudah tidak asing lagi dengan gasing (gangsing). Mainan ini mengandalkan putaran agar bisa berdiri tegak seimbang di atas titik. Umumnya, semakin besar putaran maka semakin lama gasing dapat berputar.

Coba ingat kembali, berapa lama gasing yang kamu mainkan dapat berputar? Dalam kondisi terbaik, mungkin bisa beberapa menit. Namun mainan gasing bernama LIMBO sanggup bertahan selama berjam-jam.

Startup produsen mainan bernama Fearless Toys selaku perancang LIMBO baru saja mendapatkan penghargaan rekor gasing berputar selama 27 jam 9 menit 24 detik.

Secara logika, bagaimana mungkin hal itu dapat terjadi?

Dikawinkan dengan teknologi gyroscope

Di balik tubuh ramping dan minimalis, LIMBO dibekali gyroscope, sebuah alat yang berfungsi menyeimbangkan objek dengan membaca arah orientasi pergerakan. Gasing yang berputar dalam sudut miring sangat berpeluang mengalami degradasi perputaran. Untuk itulah gyroscope berperan menyeimbangkan gasing agar tetap tegak lurus.

Ada pula motor kecil di dalam tubuh gasing untuk menambah kecepatan putaran ketika dirasa mulai melambat.

Gasing dengan tenaga baterai

Karena menggunakan bantuan komponen elektronik, LIMBO memiliki baterai bawaan yang bisa diisi ulang menggunakan kabel USB. Lubang pengisian dapat ditemukan setelah membuka casing sisi bawah.

Menurut pihak perancang, proses pengisian daya hanya memakan waktu selama 30 menit saja.

Fearless Toys saat ini memulai peluncuran LIMBO lewat halaman penggalangan dana Kickstarter. Mereka menawarkan satu paket mainan mulai $49 atau Rp 720 ribu dan proses produksi segera dimulai pada Desember tahun ini.

Jika kamu ingin memiliki aksesoris unik di meja kerja atau sekedar bernostalgia dengan mainan masa kecil, LIMBO bisa jadi pilihan.

Berikut video promosi LIMBO: