Scewo

Dalam berbagai tahun terakhir para teknisi berusaha menjadikan kursi roda sebagai media yang dapat diandalkan untuk melewati beragam kontur, termasuk membuatnya kompatibel ketika menaiki atau menuruni tangga.

Sekelompok mahasiswa asal Swiss tengah mengerjakan proyek ini dengan harapan kaum disabilitas bisa terbantu dengannya. Diberi nama Scewo, kursi roda ini merupakan prototipe kedua dimana pada versi pertama masih menggunakan label Scalevo. Scewo memperbaharui banyak aspek, terutama fisiknya yang kini lebih futuristik.

Scewo
Bentuknya sendiri telah mengalami pembaharuan sehingga roda rantai tampak lebih serasi dengan kursi roda

Prototipe Scewo menggunakan tenaga listrik dimana seluruh kontrolnya berada di tangan pemakai. Yang menarik ialah sistem keseimbangan ala Segway yang artinya hanya perlu dua roda untuk menapak tanah.

Untuk melewati tangga, Scewo akan berganti ke Stair Mode. Roda rantai mirip tank akan diturunkan, kemudian mulai membawa penggunanya menaiki atau menuruni tanggal.

Di samping itu Scewo dibekali dua roda tambahan di bawah yang berfungsi untuk meraih ketinggian setara orang dewasa. Dengan begitu orang lain tidak perlu menundukkan kepala ketika sedang berkomunikasi.

Scewo
Fitur elevasi Scewo memungkinkan pemakainya berkomunikasi dengan orang lain dengan tinggi yang sama

Sayangnya kursi roda ini tidak akan tersedia dalam waktu dekat. Tim pelajar tersebut masih terus mengembangkan prototipe ini, termasuk mencari dukungan dana. Akhir 2018 merupakan target perilisan Scewo untuk komersial.

Berikut video demonstrasi Scewo: