Kamu yang tidak pernah absen saat penayangan film blockbuster Hollywood pasti pernah menonton salah satu film terbaik karya Marvel, Iron Man. Film ini menceritakan Tony Stark yang memiliki kostum robot yang bisa memberikan kekuatan lebih kepada Stark.

Stark yang sebenarnya hanya manusia biasa dengan kekuatan yang tidak istimewa sanggup melawan musuh-musuh yang jauh lebih kuat berkat bantuan kostum canggih buatannya.
Iron Man Suit
Kostum Iron Man dengan kemampuan spesial (credit: technologybloggers.org)
Lewat inspirasi dari film Iron Man, perusahaan otomotif asal Korea, Hyundai Motor Group mengembangkan sebuah robot berjenis exoskeleton yakni robot yang dipasang pada tubuh pemakainya agar mempunyai tenaga ekstra.
Sebelumnya, Hyundai meluncurkan robot serupa tahun lalu yang diberi nama H-LEX. Tujuannya adalah untuk membantu mobilitas orang tua dan penyandang disabilitas. Lengan robot versi ini memungkinkan untuk mengangkut beban seberat 12 kilogram.
Kini, di versinya yang terbaru, terdapat peningkatan tajam seperti pada beban maksimalnya yang bisa mencapai 60 kilogram. Di sisi lain, kontrol tangan menjadi lebih fleksibel.
Robot berwarna biru ini terdiri atas anggota gerak tangan dan kaki, termasuk bagian badan yang menghubungkan keduanya. Mesin dan komponen penting diletakan di belakang, seperti memakai ransel.
Berikut foto-foto robot exoskeleton Hyundai terbaru:

 

Hyundai Exoskeleton Robot
Bentuknya masih jauh lebih besar dibanding kostum Iron Man

 

Hyundai Exoskeleton Robot
Kontrol lengan hanya dengan menggunakan tombol

 

Hyundai Exoskeleton Robot
Dengan bantuan robot ini, pemakainya dapat mengangkut beban hingga 60 kilogram

 

Hyundai Exoskeleton Robot
Sepasang set alas sepatu agar tetap bisa bergerak

 

Hyundai Exoskeleton Robot
Hyundai juga berfokus pada rehabilitasi orang sakit, penyandang disabilitas, dan orang tua

 

Hyundai Exoskeleton Robot
Rencananya, ia akan diperjualbelikan di masa depan

 

 

Meskipun proyek Hyundai yang satu ini masih jauh dari kata sempurna, apalagi jika disamakan dengan kostum Iron Man, langkah yang ditempuh perusahaan ini merupakan titik awal pengembangan teknologi robot exoskeleton.
Jika proyek ini selesai, maka akan banyak orang terbantu berkat robot exosekeleton.

Sumber: Hyundai