Intel NUC VR
Komputer mini untuk gaming sudah siap dirilis

Komputer mini? Mendengar namanya saja sudah bisa dibayangkan untuk apa keperluan perangkat tersebut kalau bukan untuk urusan kantor. Menghapus stigma tersebut, Intel meluncurkan jajaran terbaru NUC (Next Unit of Computing) bernama Hades Canyon.

Intel menggandeng divisi kartu grafis AMD untuk mendukung tampilan layar 4K, video game mainstream, dan dukungan virtual reality (VR). Komputer mini tersebut menggunakan AMD RX Vega M terbaru dibarengi dengan konfigurasi prosesor Intel Core i7 generasi 8 berfrekuensi 4,2 GHz.

Ukuran fisiknya sekitar 22 x 14 x 4 cm, cukup mudah dibawa dengan satu tangan. Tetapi tidak disebutkan berapa bobot dari komputer ini.

Dengan jargon utama VR-ready, Hades Canyon turut dipersenjatai fitur kelas gaming lain. Terdapat dua buah port Thunderbolt 3, Gigabit Ethernet, USB-A, USB-C, headphone jack, memory card reader, dan dua port HDMI. Secara total, sistem tersebut bisa digunakan pada 6 layar sekaligus.

Sebagai bagian dari NUC, komputer tidak disertai RAM dan media penyimpanan. Untuk itu kamu harus perlu suplai kedua hardware itu sendiri. Intel menyediakan slot RAM DDR4 hingga 32GB serta slot SATA3 atau PCIe untuk penyimpanan.

Hades Canyon
Aksesoris berfigur tengkorak dapat menyala, memberi kesan esensial pada kosmetik gaming

Intel mengklaim Hades Canyon sebagai satu-satunya komputer mini yang sanggup menjalankan video game VR. Perangkat yang dipamerkan lewat CES 2018 tersebut masih belum memiliki harga dan tanggal rilis resmi.

Namun, menurut kabar terbaru mengatakan NUC Hades Canyon akan tersedia pada musim semi di belahan utara.

Jika kamu tertarik memilikinya, sebaiknya tahan dompet kamu dulu. Terlepas dari Intel mengatakan bisa menjalankan game mainstream, belum tentu itu akan memenuhi ekspetasi pengguna. Baiknya, tunggu sampai ada review yang membahasnya barulah tentukan untuk membeli atau beralih pada komputer lain.