Selama bertahun-tahun, perusahaan Sphero rutin memproduksi mainan robotika berbentuk bola yang bisa dikendalikan dari jarak jauh. Mainan yang terintegerasi dengan smartphone ini sebenarnya tidak begitu populer.
Namun berkat film Star Wars, mainan yang tadinya dipandang sebelah mata ini menjadi populer dalam waktu singkat.
Sphero merilis BB-8, produk mainstream mereka namun dibalut dengan tema Star Wars. Ini adalah hasil kerjasama Sphero dan Disney.
Mainan ini merupakan miniatur dari robot BB-8 droid di film Star Wars karya racikan George Lucas. Sudah tentu bentuk dari robot ini berupa bola dengan bagian kepala setengah bola. Dilapisi dengan cat yang mirip dengan aslinya.
Sejak dirilisnya Star Wars: The Force Awakens beberapa waktu lalu, tak heran apabila penggemar film ini tergila-gila dengan BB-8
Spesifikasi BB-8
Konektivitas Bluetooth Smart BLE (maksimal 30 meter)
Kompabilitas Android dan iOS
Baterai Lithium Polimer
Ketahanan Baterai Hingga 1 jam permainan
Dimensi Tinggi 11.4 cm / Lebar 7.3 cm
Berat 200 gram
Kecepatan Maksimal 7 KM per jam
Material Polikarbonat

Dalam pengembangan BB-8, Sphero memerlukan waktu selama 10 bulan agar robot ini bisa hidup. Terutama mengatur di bagian kepala agar bisa terpasang dengan sempurna, diperlukan pengerjaan yang sulit. Mengaturnya agar sanggup dikontrol dari jarak 30 meter.

Robot mainan yang tergolong ‘imut’ ini dapat dikendalikan menggunakan smartphone yang terhubung via Bluetooth. Selain itu, BB-8 juga dapat menerima beberapa perintah suara. Ia juga dapat diaktifkan dalam mode auto dimana ia berkeliaran kesana-kemari tanpa dikendalikan.

Ini yang Terjadi Ketika Perusahaan Mainan 'Berkolaborasi' dengan Star Wars
Keunikan lain yang dimiliki BB-8 ialah fitur augmented reality yang mirip hologram. Ketika kamu mengarahkan smartphone ke BB-8, ia seperti menampilkan pesan lewat proyeksi biru di layar.
Meskipun dibandrol dengan harga yang cukup mencekik, yakni sekitar $150, faktanya antusiasme terhadap mainan ini cukup tinggi.
Menurut Daily Social, beberapa toko di Jepang kehabisan stok akibat permintaan yang begitu tinggi. Sejak hari perdana rilis, BB-8 sudah terjual hingga 22.000 buah hanya dalam 12 jam.
Ini yang Terjadi Ketika Perusahaan Mainan 'Berkolaborasi' dengan Star Wars
BB-8 pada film Star Wars.
Bagaimana? Kamu tertarik memiliki BB-8?