Tesla Roadster Mars SpaceX
Elon Musk benar-benar serius soal ide gilanya

Terlepas dari rasa skeptisme yang ada, rencana konyol Elon Musk untuk mengirim mobil elektrik Tesla Roadster ke Mars hampir bisa dipastikan akan jadi kenyataan. Melalui akun Instagram miliknya, miliarder kelahiran Afrika Selatan tersebut mengunggah foto supercar berwarna merah yang siap disematkan pada roket.

Musk menyebut biasanya pengujian roket membawa balok beton atau baja. Ia merasa hal tersebut sangat membosankan, itulah sebabnya SpaceX memutuskan untuk membawa muatan tidak biasa ke orbit Mars dan akan tetap disana selama milyaran tahun.

Tesla Roadster Mars SpaceX 1
Tesla Roadster generasi pertama yang dirilis antara 2008 hingga 2012

 

Mobil tampak dipasangkan pada adapter yang diselubungi proteksi untuk menahan gaya aerodinamik. Muatan lainnya yang juga akan dibawa ialah sarung tangan dari film “The Hitchhiker’s Guide To The Galaxy” dan handuk bertuliskan “Don’t Panic”. Musk bisa dibilang cukup menyukai identitas film angkasa, bahkan landing drone ship “Of Course I Still Love You” juga terinspirasi dari film sejenis.

Musk menekankan bahwa mobil tersebut adalah asli, bukan replika tanpa komponen mesin dan baterai. Namun, mungkin saja tim dibalik proyek tersebut juga memodifikasi sistem komunikasi hingga menambah panel surya untuk bisa dilacak posisinya. Sebab keberhasilan peluncuran tidak bisa diketahui sampai muatan benar sampai di tujuan.

Tesla Roadster Mars SpaceX
Tesla Roadster cukup kecil dibanding volume kargo keseluruhan

Tesla Roadster generasi pertama itu memiliki bobot 1,6 ton, sedangkan Falcon Heavy sendiri mampu mengirimkan kargo hingga 16,8 ton ke Mars. Dengan demikian perusahaan bisa lebih menghemat bahan bakar roket.

Falcon Heavy sendiri ditenagai 27 Merlin Engine yang diklaim terkuat di dunia. Ketiga booster akan didaratkan kembali agar bisa digunakan lagi, sekaligus mengurangi biaya peluncuran selanjutnya.

Jika semuanya berjalan sesuai rencana, Falcon Heavy dijadwalkan meluncur ke Planet Merah pada akhir Januari 2018. Beberapa bulan setelahnya kita akan mendengar kabar bahwa Tesla Roadster sudah sampai di tujuan, dengan catatan tidak meledak saat peluncuran.