Drone Delivery
Banyak negara sudah mengujicobakan pengiriman drone, namun Islandia akhirnya menjadi negara pertama yang meresmikannya

Pengiriman barang menggunakan drone disebut-sebut sebagai salah satu moda paling efektif, terutama untuk menjangkau wilayah yang sulit diakses lewat jalur darat. Perusahaan seperti Amazon juga tengah merancang konsep tersebut, namun belum sempat dirilis sudah ada negara yang meresmikan distribusi paket dengan drone.

Kota bernama Reykjavik di Islandia mencatatkan diri sebagai wilayah pertama yang meresmikan pengiriman barang komersial menggunakan drone. Lembaga penerbangan setempat mengizinkan perusahaan drone Flytrex dan retail online AHA untuk mewujudkan ide tersebut.

Drone Delivery
Sungai besar yang membagi kota Reykjavik adalah tantangan bagi pengiriman barang secara konvensional

Menurut perusahaan, Reykjavik memiliki pola penyebaran penduduk yang berjauhan serta dibatasi oleh wilayah perairan. Hal ini otomatis menjadikan kendaraan darat perlu waktu lebih lama untuk menuju suatu tempat.

Drone bernama Flytrex Mule diterbangkan secara otomatis, mampu membawa beban hingga 3 kilogram dengan jarak tempuh mencapai 10 kilometer. Namun saat ini operasi masih berada di lingkup yang relatif kecil. Meski demikian perusahaan mengklaim sistem ini mampu mengurangi biaya pengiriman hingga 60 persen.

“Kami berharap kerjasama ini tidak hanya berlaku di Islandia, tetapi juga dunia internasional di masa depan.” kata CEO AHA, Maron Kristófersson. Sistem sudah beroperasi sejak bulan ini, kedua perusahaan membuka peluang untuk mengimplementasikan hal serupa di kota-kota lain.

Berikut video pengiriman barang dengan drone di Reykjavik: