ZeTime

Memilih jam tangan klasik atau modern? Pilihan ini menjadi sesuatu yang dilematis bagi para peminat jam tangan. Di satu sisi jam mekanik memberikan kesan klasik yang mewah, tetapi teknologi layar sentuh (touchscreen) tidak bisa diabaikan untuk zaman sekarang.

Adalah ZeTime, sebuah jam tangan hybrid yang menggabungkan gaya tradisional dengan layar sentuh bak smartwatch. Konsep ini terdengar gila dan sulit direalisasikan, tetapi perusahaan My Kronoz asal Swiss berhasil melakukannya. Setidaknya ZeTime benar-benar bekerja sesuai harapan.

ZeTime
ZeTime sukses meleburkan elemen klasik dan modern dalam satu kemasan premium

ZeTime dari luar tampak seperti jam tangan pada umumnya. Logam mengelilingi muka jam sementara di dalamnya ada jarum jam yang terus berputar seiring waktu. Tetapi siapa sangka di bawah jarum jam tersebut adalah layar sentuh. Tim dari My Kronoz telah berusaha keras agar layar TFT bisa tetap berfungsi meski dilubangi.

Disini kamu dapat menerima berbagai notifikasi selagi terhubung via smartphone Android atau iOS. Secara garis besar fungsi yang dibawakan sama seperti smartwach, misal health tracker, memutar musik, membaca email, mengontrol kamera, mengganti background jam, dan memantau kondisi cuaca.

ZeTime
Sistem khusus telah dibuat yang mengatur jam berpindah agar tidak menghalangi tulisan

Bukankah jarum jam akan menghalangi tulisan? Demi mengatasi masalah itu jam telah ditanamkan sistem Smart Movement yang berfungsi mengubah posisi jarum jam agar tidak menghalangi layar lalu kembali seperti semula ketika tidak digunakan.

CEO dari My Kronoz, Boris Brault mengatakan jam besutannya sudah water-resistant hingga kedalaman 30 meter. Dengan baterai internal sebesar 200 mAh, ZeTime diklaim dapat bertahan selama 30 hari. Pengisian daya bisa dilakukan lebih cepat berkat bantuan teknologi fast charging.

ZeTime
Jam buatan Swiss ini bisa langsung kamu miliki dengan harga Rp 1.9 juta per unitnya

Ketika ZeTime membuka penggalangan dana di Kickstarter, tak butuh lama bagi mereka untuk mencapai target dana. Dari lebih dari 26.828 pendukung terkumpul dana sekitar $5.3 juta. Angka yang cukup fantastis yang spontan membuatnya sebagai startup jam tangan dengan dukungan dana terbesar.

Sisi positifnya My Kronoz tidak perlu pusing memikirkan dana sehingga penyelesaian ZeTime bisa tepat waktu. Di samping itu berkat pencapaian ini mereka memberikan potongan harga hingga satu tahun ke depan. Jadi bagi kamu yang terlewat masa pre-order masih bisa mendapatkan ZeTime dengan harga yang lebih rendah.