Keberadaan mobil yang bisa menyetir sendiri atau self-driving mulai memunculkan tunasnya. Perlahan namun pasti perusahaan yang bergerak di bidang transportasi mengembangkan teknologi ini. Seperti misalnya yang hadir pada Uber.
Kendati harganya yang terbilang masih cukup mahal untuk saat ini, mobil dengan kemampuan self-driving memberikan banyak kelebihan yang tidak dimiliki mobil dengan kemudi manual.
Tetapi seperti “hukum alam” yang biasa terjadi pada produk teknologi, harganya terus menyusut sementara teknologi yang diusung justru semakin canggih.
Memang masih terlalu dini untuk langsung memiliki mobil dengan kemudi otomatis, namun beberapa fakta berikut akan memberikan kamu gambaran terkait kelebihan yang dimiliki mobil self-driving.

Berkendara jauh lebih aman

Ini 5 Keuntungan Memiliki Mobil Self-Driving
Sensor yang bekerja aktif, mendeteksi objek fisik di sekeliling (credit: techinsider.io).
Sekitar 94% kecelakaan jalan raya yang terjadi di Amerika Serikat disebabkan karena kelalaian pengemudi. Ada lebih dari 30.000 orang disana yang meninggal setiap tahun.
Tetapi teknologi self-driving mampu mereduksi angka kematian tersebut. Pasalnya mobil ini memiliki sejumlah sensor yang terus aktif, memantau wilayah di sekitar mobil untuk mencegah terjadinya kecelakaan.
Sistem yang dikembangkan memungkinkan mobil menghindari kontak fisik dengan objek di sekitarnya. Bahkan keselamatan pejalan kaki juga menjadi aspek penting bagi teknologi self-driving.

Meminimalisir kemacetan

Ini 5 Keuntungan Memiliki Mobil Self-Driving
Salah satu permasalahan yang hadir di kota-kota besar (credit: dailymail.co.uk).

 

Salah satu penyebab utama kemacetan ialah sikap pengemudi yang egois. Seringkali satu mobil dengan mobil lainnya berbaris dengan jarak masing-masing sepanjang 10 meter sehingga ada ruas yang kosong.
Sebenarnya hal ini biasa dilakukan dengan alasan keamanan. Jarak yang cukup jauh memberikan kesempatan bagi pengemudi untuk merespon dan menghindari tabrakan.

Namun mobil self-driving jauh lebih peka terhadap wilayah di sekitarnya. Termasuk sisi depan, belakang, kanan, dan kiri. Bahkan pada jarak yang hanya beberapa puluh sentimeter antar mobil, itu sudah cukup aman.

Lebih hemat bahan bakar

Ini 5 Keuntungan Memiliki Mobil Self-Driving
Mobil self-driving jauh lebih hemat bahan bakar (credit: techinsider.io).

 

Percaya tidak percaya, mobil self-driving ternyata memiliki keunggulan dimana konsumsi bahan bakar yang lebih sedikit dibanding mobil konvensional.
Alasannya adalah kendali sistem yang kompak. Jika di depan ada mobil yang mendadak berhenti, mobil self-driving akan mengerahkan semua komponen yang memungkinkan mobil untuk berhenti. Berbeda dengan mobil konvensional yang hanya mengandalkan rem.
Mesin juga bisa diprogram agar tidak memberikan gaya dorong sama sekali ketika tidak dibutuhkan. Lebih lanjut, kecepatan yang stabil membuktikan konsumsi bahan bakar yang lebih sedikit.
Kelebihan lainnya, penggunaan mobil self-driving dapat mengurangi emisi CO2 sebanyak 300 juta ton per tahun.

Tidak perlu repot mencari tempat parkir

Ini 5 Keuntungan Memiliki Mobil Self-Driving
Tidak perlu pusing mencari tempat parkir yang kosong (credit: wonderfulengineering.com).
Ketika kamu mengunjungi super market dengan mobil self-driving, ia akan mengantarkan kamu sampai ke pintu masuk. Selanjutnya, mobil akan menuju lahan parkir dan mencari area yang kosong untuk ditempati.
Setelah itu ketika akan pulang, kamu hanya perlu menunggu mobil menjemputmu. Semuanya telah dilakukan secara mandiri oleh teknologi self-driving.

Implementasi self-parking juga ada pada self-driving, untuk itulah mobil jenis ini bisa menemukan tempat yang tepat untuk parkir tanpa membuat pengemudinya repot mencari.
Dijamin tidak melanggar lalu lintas

Ini 5 Keuntungan Memiliki Mobil Self-Driving
Mungkinkah polisi menilang mobil tanpa pengemudi? (credit: polri.go.id)

 

Setiap kali berkendara ke luar, hampir selalu saja kita melihat pengendara yang ditilang karena melanggar lalu lintas. Entah itu melanggar lampu merah, kecepatan di luar batas, atau tidak menyalakan lampu.
Mobil self-driving telah diprogram untuk mengerti aturan lalu lintas. Sayangnya, mungkin akan sedikit runyam ketika diadakan razia mendadak sementara mobil sedang dalam kendali otomatis dan tidak ada orang di dalam.
Itu tadi adalah sejumlah keuntungan apabila memiliki mobil self-driving. Meskipun harganya masih cukup tinggi, namun hal ini patut untuk jadi pertimbangan untuk memiliki salah satu teknologi kemudi otomatis ini.
Mari mulai menabung.

Sumber: Autobytel